DetikNews
Minggu 04 November 2018, 13:48 WIB

Ini Kronologi Gagalnya Pengiriman Senpi Warga Lumajang ke Jakarta

Suparno - detikNews
Ini Kronologi Gagalnya Pengiriman Senpi Warga Lumajang ke Jakarta Foto: Istimewa
Sidoarjo - Joni Mahendra (35) warga Lumajang, ditangkap terkait pembuatan dan penjualan senpi rakitan. Ulah warga Dusun Krajan, Desa Jarit, Kecamatan Candipuro terbongkar berawal saat senpi rakitan yang dikirim ke pembeli terdeteksi petugas Bandara Juanda, Surabaya. Petugas Pos Satgaspam Bandara Juanda yang curiga, selanjutnya melakukan pemeriksaan.

"Sebuah paketan yang mencurigakan oleh petugas kemudian dilakukan pemeriksaan. Ternyata paketan tersebut berisi sebuah senpi rakitan dan amunisi," kata Kapolsek Sedati AKP I Gusti Made Merta kepada detikcom, Minggu (4/1172018).

Kapolsek menambahkan, senpi laras pendek rakitan jenis pistol revolver yang akan dikirim melalui bandara Juanda tersebut ditemukan Satgaspam bandara, Jumat (2/11/2018) pukul 02.40 WIB di long cargo bandara. Kemudian senpi rakitan bersama beberapa amunisi diserah terima ke Polsekta Sedati, Jumat (2/11/2018) pukul 17.30 WIB.


"Penyerahan senpi rakitan tersebut dilakukan di Posko Satgaspam Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo," tambahnya.

Dia menerangkan, senjata tersebut merupakan senpi laras pendek (pistol) modifikasi, sejenis dengan pistol revolver kaliber 38mm. Kaliber senjata rakitan tersebut menggunakan amonisi mirip kaliber 0,22mm yg dimodifikasi dengan bahan Ramset (alat penancap paku beton). Pada ujung amonisi diberi timah seperti amoisi tajam.

"Bahan dari Senpi tersebut adalah besi lapis crom. Di ujung laras senpi tertulis S &W SPL, sedangkan di body pistol tertulis Made in USA, dengan no senpi tertera 17CO7334," terangnya.


Ujung laras senpi, tambah kapolsek, mirip pistol revolver kaliber 38 mm. Yang dimodifikasi dengan cara memperkecil lubang laras sehingga bisa digunakan untuk ukuran amonisi kal 0,22 mm. Di dalam paketan, berisi amunisi sejenis kaliber 0,22mm, modifikasi dari Ramset sebanyak 13 butir, amunisi Ramset (alat penembak paku beton) 34 butir. Untuk Chamber atau alat untuk memasukkan amonisi modifikasi kal 0,22mm sebanyak 6 buah.

"Saat ini senpi dan amunisi tersebut di Mapolsekta Sedati, atas perintah Bapak Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji akan dikembangkan ke Lumajang," tegasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed