DetikNews
Jumat 02 November 2018, 14:16 WIB

Penjelasan Susi Soal Santri di Jatim yang Menunggu hingga 3 Jam

M Rofiq - detikNews
Penjelasan Susi Soal Santri di Jatim yang Menunggu hingga 3 Jam Foto: M Rofiq
Probolinggo - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta maaf jika kedatangannya ke lapangan Universitas Nurul Jadid, Probolinggo dianggap terlambat. Susi mengatakan bahwa hal itu bukanlah suatu kesengajaan.

"Saya dapat informasi, kalian (para santri), sudah di sini sejak pukul 07.00 WIB tadi ya. Saya malah berangkatnya dari Bali sekitar pukul 07.00, saya mohon maaf ada kesalahan komunikasi," ujar Menteri Susi kepada santri di lapangan Universitas Nurul Jadid, Jumat (2/11/2018).

Susi mengatakan sebenarnya dia tidak terlambat. Susi mengaku mendapat jadwal memang pukul 09.00 WIB. "Saya datang on time untuk bagian saya jam 09.00 WIB. Sebelumnya pagi harusnya diisi acara lain, bukan saya," kata Susi.


Sebelumnya para santri mengeluh karena harus berpanas-panas selama kurang lebih selama 3 jam. Para santri diharuskan menunggu di lapangan sejak pukul 06.00 WIB.

Saat matahari mulai meninggi, para santri tentu saja mulai kepanasan. Mereka menggunakan kertas, kardus, atau apa saja untuk mengipasi diri atau melindungi dari terik matahari.

Pengasuh Ponpes Nurul Jadid KH Rafaiz mengatakan ada miskomunikasi terkait jadwal kedatangan Menteri Susi ke Ponpes Nurul Jadid. KH Rafaiz menyebut, santri telah bersiap menunggu kedatangan Susi sejak pukul 06.00 WIB sesuai rundown. Namun demikian, Susi baru bisa hadir sekitar pukul 09.00 WIB.


"Kami pihak ponpes kebingungan, apakah santri kami bubarkan dulu atau menunggu, hingga Bu Susi datang. Pihak ponpes, sebetulnya sudah mencoba berkoordinasi dengan kementerian, namun tak kunjung ada tanggapan. Yang jelas kami pihak ponpes, juga tidak mau santri kami kepanasan," kata KH Rafaiz.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed