Dinsos Setempat Sudah Jenguk Rubiah, Ini Hasilnya

Charolin Pebrianti - detikNews
Selasa, 30 Okt 2018 08:23 WIB
Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Pilunya kondisi Rubiah (75), pasien kusta yang tinggal di Dusun Balongan, Desa Pulosari, Kecamatan Jambon, sampai juga ke telinga Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ponorogo.

"Kami mau bawa mbah Rubiah ke panti rehabilitasi Dinsos Jatim yang ada di Tuban," tutur Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo, Soemani saat ditemui detikcom di lokasi, Senin (29/10/2018).

Saat berkunjung, Soemani juga melihat langsung kondisi Rubiah. Menurut pengakuannya, Rubiah berkenan dibawa berobat ke panti rehabilitasi.

"Tadi mbahnya sudah bilang mau dirawat di panti," ungkapnya.


Soemani menambahkan, sebelum membawa Rubiah ke panti rehabilitasi, ia juga memastikan telah meminta persetujuan keluarganya.

"Kami minta izin ke keluarga. Katanya boleh, cuma nanya bagaimana cara menjenguknya saja," paparnya.

Soemani pun menjawab jika ada keluarga korban yang mau menjenguk, maka mereka tinggal berkoordinasi dengan anggota Dinsos yang akan mengantarkan langsung ke panti rehabilitasi disertai dengan surat perizinannya.

Pihaknya juga berencana meminjam mobil ambulans milik Dinas Kesehatan untuk membawa Rubiah ke Tuban.

"Sudah koordinasi dengan Dinkes dan PMI untuk membawa ke Tuban," tukasnya.

Ketika ditanya apakah Rubiah akan dipulangkan bila sudah sembuh, Soemani mengaku sepertinya Rubiah sulit untuk kembali karena biasanya penderita kusta sulit sembuh. Namun semua keputusan ia serahkan kepada korban dan keluarganya.

"Kita lihat nanti saja seperti apa hasilnya," tandasnya.


Sementara itu, bidan desa setempat Suyati menambahkan program pengobatan kusta sudah ada sejak tahun 1995-1996 lalu. Dari puskesmas juga ada program 6 bulan pengobatan rutin. Jika rutin mengonsumsi obat, penderita bisa sembuh, hanya saja kecacatan akibat kusta masih ada.

"Kami juga sering kesini, pemberian obat dan vitamin. Kalau mbah Rubiah merasa tidak sehat, saya datang kesini atau ada keluarganya yang meminta obat ke saya," ungkapnya.

Selain Rubiah, di Desa Pulosari ini ada 2 penderita kusta lain, namun keduanya sudah dinyatakan sembuh karena terdeteksi saat masih awal.

"Kalau mbah Rubiah ini dulu pas terdeteksi sudah parah dan usianya waktu itu 40 tahun," pungkasnya.



Saksikan juga video 'Kisah Rahma Sang Pejuang Penyakit Kusta':

[Gambas:Video 20detik]

(lll/lll)