DetikNews
Senin 29 Oktober 2018, 18:18 WIB

Pengibaran Bendera HTI di Poso, Wiranto Sebut Ini Lecehkan Pancasila

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Pengibaran Bendera HTI di Poso, Wiranto Sebut Ini Lecehkan Pancasila Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Sidoarjo - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengomentari pengibaran bendera berlambang tauhid yang diduga bendera HTI di Poso beberapa waktu lalu.

Ia menegaskan tindakan ini merupakan pelecehan ideologi Pancasila. Bahkan ia beranggapan bahwa aksi ini juga merupakan suatu bentuk pengkhianatan ideologi bangsa.

"Ya nggak boleh. Itu kan sudah menduakan merah putih. Menduakan Pancasila," katanya usai acara Sosialisasi Bela NKRI di Hotel Utami Sidoarjo kepada wartawan, Senin (29/10/2018).


Menurut Wiranto, tindakan semacam inilah yang dapat mengancam kedaulatan NKRI sebab bangsa Indonesia harus menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara.

"Jangan mempermainkan Indonesia, jangan mempermainkan NKRI. Jangan ia mencoba mencederai persatuan Indonesia. Tidak boleh. NKRI harga mati," tegasnya.


Wiranto pun meminta siapa saja yang memiliki paham antipancasila untuk segera hengkang dari Indonesia. Bagi Wiranto, sudah tak ada lagi tempat di Indonesia bagi mereka yang tidak setuju dengan Pancasila.

"Kalau mau kibarkan lagi ya silahkan sana cari tempat lain yang bisa mentolerir. Orang yang tidak setuju dengan ideologi sama Pancasila ya jangan merusak Pancasilanya, pergi saja dari Indonesia, bikin saja tempat lain sana yang sesuai dengan ideologinya," pungkasnya.


Simak Juga 'Kronologi Penangkapan Pembawa Bendera HTI':

[Gambas:Video 20detik]



(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed