DetikNews
Rabu 24 Oktober 2018, 10:42 WIB

Santri Zaman Now Situbondo Deklarasi Semangat Jaga Keutuhan NKRI

Ghazali Dasuqi - detikNews
Santri Zaman Now Situbondo Deklarasi Semangat Jaga Keutuhan NKRI Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Sekelompok santri di Situbondo membuat gebrakan. Bersama sejumlah elemen masyarakat, mereka sengaja mendeklarasikan semangat menjaga keutuhan NKRI. Deklarasi Generasi Santri Zaman Now Situbondo itu dipusatkan di Ponpes Annur, Desa Sumberrejo Kecamatan Banyuputih.

Deklarasi ini bertujuan meneguhkan semangat kebangsaan dan resolusi Jihad NU. Di samping itu juga diarahkan untuk semangat menjaga keutuhan NKRI dan memegang teguh Pancasila, sebagai dasar negara sesuai dengan ajaran Islam. Selain kalangan santri dan pengasuh Ponpes Annur, deklarasi ini juga dihadiri muspika dan perwakilan warga.

"Kegiatan deklarasi itu adalah rangkaian HSN 2018. Sebagai santri, tentu kami akan terus berusaha memberikan konstribusi sekecil apapun untuk Situbondo lebih baik," kata Akhlis, salah seorang perwakilan warga dari unsur Info Warga Situbondo, Rabu (24/10/2018).

Katerangan detikcom menyebutkan, acara deklarasi yang digelar di Ponpes Annur asuhan KH Zaki Fadil, di Desa Sumberrejo Kecamatan Banyuputih, Senin (22/10) malam lalu, memang dalam rangka perayaan HSN 2018. Selain diisi dengan pembacaan deklarasi, kegiatan sekaligus juga dilanjutkan dengan penandatanganan nota deklarasi. Semua yang hadir ikut membubuhkan tanda tangannya. Selain para santri, juga unsur kepolisian, TNI dan perwakilan warga.

Sedikitnya ada 5 poin deklarasi. Antara lain, memegang teguh tauhid dan ajaran Ala Ahlus Sunnah Wal Jamaah, mengerjakan ibadah baik Mahdloh maupun Ghoiru Mahdloh dan mengaplikasikan hikmahnya dalam kehidupan, serta memahami hal baik dan buruk, hal haq dan bathil, hal Hoax dan valid.

Selain itu, isi deklarasi juga membuat, menyukai, dan membagikan tulisan, catatan, cerita, hal ihwal kebaikan dan menginspirasi, serta menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara bijak, tetap semangat sebagai santri dan generasi penerus bangsa.

"Semua yang hadir sepakat untuk menjaga persatuan dan silaturahmi, serta bersama-sama membangun Situbondo melalui semangat Hari Santri Nasional ini," tandas Akhlis.


Simak Juga 'Puncak Hari Santri Nasional, Jokowi Ajak Santri Waspadai Hoax!':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed