769 Peserta Tak Lolos Pendaftaran CPNS Pemkab Ponorogo

Charolin Pebrianti - detikNews
Selasa, 23 Okt 2018 09:20 WIB
Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Pemkab Ponorogo membuka lowongan CPNS sebanyak 356 formasi. Namun jumlah pelamar membludak menjadi 6.336 orang. Tahap awal seleksi yakni seleksi administrasi meloloskan 5.567 orang. Dengan demikian ada 769 orang dinyatakan tidak lolos. Apa penyebabnya ?

Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Winarko Arief Tjahjono menjelaskan sekitar 30% pendaftar dinyatakan tidak lolos.

"Ada yang tidak melampirkan ijazah, nilainya kurang, spesifikasi berbeda. Macam-macam alasannya makanya tidak lolos," tutur pria yang akrab dipanggil Win kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Jalan Alun-Alun Utara, Selasa (23/10/2018).

Win menambahkan saat ini para peserta yang dinyatakan lolos tahap administrasi harus menyiapkan diri untuk test seleksi kompetensi dasar.

"Pelaksanaannya tanggal 25 Oktober ke atas, kami belum tahu tepatnya. Nanti kami umumkan," terang dia.


Selain itu, Win pun mewanti-wanti para peserta disabilitas untuk menyiapkan diri sebaik mungkin terutama stamina. Apalagi saat pelaksanaan test berlangsung, peserta difabel dilarang didampingi.

"Semua harus mengerjakan sendiri tidak boleh didampingi," jelasnya.

Meski begitu, Win meyakini para peserta difabel sudah menyiapkan diri. Sehingga dalam proses pelaksanaan tidak mengalami gangguan. "Bentuk testnya pun sama dengan orang normal hanya passing gradenya lebih rendah," papar dia.

Win pun mengimbau kepada para peserta untuk belajar dan juga menjaga kesehatan fisik. "Harus belajar karena itu mata pelajaran umum yang diujikan, sama fisik harus dijaga kondisinya jangan sampai pas ujian malah sakit," tandasnya.


Simak Juga 'Soal Tes CPNS 2018 Bocor?':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)