DetikNews
Sabtu 20 Oktober 2018, 17:31 WIB

Benda Mirip Bom yang Ditemukan di Blitar Diurai, Ini Isinya

Erliana Riady - detikNews
Benda Mirip Bom yang Ditemukan di Blitar Diurai, Ini Isinya Foto: Erliana Riady
Blitar - Tim Jibom Sat Brimob Polda Jatim berhasil mengurai isi benda yang mirip bom rakitan. Hanya dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mengetahui apa saja yang dirangkai di benda mencurigakan itu.

Dan inilah isi benda menyerupai rakitan bom itu. tiga baterai besar merek Eveready, sebuah kabel warna hijau panjang 57 cm, satu buah jam tangan kecil warna silver tanpa gelang, dan sebuah kabel warna hitam panjang 81 cm. Barang-barang itu ditata dalam botol air mineral yang dipakai sebagai casing.

"Selain benda-benda itu, pelaku juga menaruh 14 buah batu kecil, 70 buah paku kecil dan lima gram arang. Semua ditata di dalam botol air mineral, lalu dilakban putih. Kemudian diulang dengan menyelimuti lakban warna hitam," beber Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha di depan wartawan di Mapolres, Sabtu (20/10/2018).


Benda mencurigakan tersebut ditemukan tergeletak di garasi kantor CV Jaya Mekarsari. Lokasinya tepat di Jalan Raya Kuningan Kanigoro kab Blitar.

Setelah diurai oleh team Jibom Sat Brimob Polda Jatim, lanjut kapolres, diketahui bahwa benda tersebut tidak memiliki kekuatan daya ekplosi atau daya ledak.

"Jadi semua itu hanya bertujuan untuk membuat teror yg dilakukan oleh seseorang. Dengan maksud untuk membuat suatu kegaduhan," imbuhnya.


Selanjutnya dalam perkara ini Polres Blitar sudah mengambil langkah hukum. Diantaranya dengn meminta keterangan dari sejumlah saksi dan dilakukan pemeriksaan, guna mengusut tuntas kasus ini untuk mengetahui motif apa di balik semua ini.

"Sampai saat ini kami telah minta keterangan dari empat saksi. Bagaimana perkembangannya, nanti kami kabari lagi," pungkasnya.


Tonton juga video 'Penjinak Bom Terjun ke Lokasi Ledakan Indekos Sukabumi':

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed