DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 13:14 WIB

Ponorogo Klaim Bakal Gunakan Absensi Wajah Pertama di Jatim

Charolin Pebrianti - detikNews
Ponorogo Klaim Bakal Gunakan Absensi Wajah Pertama di Jatim Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Ponorogo, Winarko Arief. (Foto: Charolin Pebrianti/File)
Ponorogo - Jika biasanya absensi di lingkungan pemerintahan menggunakan fingerprint, Pemkab Ponorogo ingin membuat terobosan baru dengan menggunakan absensi wajah berbasis android.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Ponorogo Winarko Arief pun mengklaim absensi ini baru pertama kali digunakan di wilayah Jawa Timur.

"Kalau sudah terlaksana, iya ini satu-satunya di Jawa Timur. Absen pakai Android," terang Win kepada detikcom, Jumat (19/10/2018).


Win menjelaskan, absensi wajah berbasis Android ini digunakan untuk mengurangi kecurangan absen para karyawan. Menurutnya, absensi dengan fingerprint pun masih memiliki banyak kekurangan, mulai dari sidik jari yang tidak bisa terdeteksi jika tangan kotor, alat yang sering rusak serta adanya petugas yang mengecek absensi sehingga Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih bisa memanipulasi kehadiran.

"Kalau berbasis Android ini langsung, real time absennya. Dan pakai foto jadi kayak selfie. Tidak bisa pakai foto dari gallery, harus langsung fotonya saat hadir," jelasnya.

Win juga menilai absensi dengan Android ini dinilai lebih ekonomis daripada fingerprint.

"Nanti rencananya ada 200 titik yang pakai absensi berbasis Android ini," imbuhnya.

Rencananya, lanjut Win, absensi ini bakal disosialisasikan kepada para PNS di lingkungan Pemkab Ponorogo pada akhir Oktober mendatang. Dana yang dipergunakan untuk sosialisasi sendiri mencapai Rp 300 juta.

"Kalau penyediaan alat, nanti kita ajukan tahun 2019 mendatang," paparnya.


Win pun berharap dengan perubahan metode absensi ini dapat meningkatkan kedisiplinan serta kehadiran para pegawai di lingkup Pemkab Ponorogo.

"Ini juga lebih mudah. Para pegawai tinggal selfie langsung masuk kantor, lebih mudah," pungkasnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed