DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 11:05 WIB

Sedimentasi Persempit Aliran Air Kali Porong, Ini Kata PPLS

Suparno - detikNews
Sedimentasi Persempit Aliran Air Kali Porong, Ini Kata PPLS Foto: Suparno
Sidoarjo - Kali Porong mengalami sedimentasi atau pengendapan material. Sebab Kali Porong sebagai areal pembuangan lumpur Sidoarjo. Akibatnya, semua material mengendap di sekitar pembuangan lumpur. Namun Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) mengatakan endapan lumpur tersebut tidak membahayakan.

Sebab, endapan tersebut hanya di sekitar pipa pembuangan lumpur. Bukan di sepanjang Kali Porong. Dari pantauan detikcom, endapan material sangat jelas. Bahkan terlihat di dua pipa pembuangan lumpur hingga tampak mempersempit aliran air Kali Porong.

"Sejauh ini tidak terjadi pendangkalan, karena aliran dari Sungai Porong juga deras menuju ke hulu sampai dengan pulau lumpur yang kami buat tahun 2009 yang lalu," kata Humas PPLS Hengky Listria Adi kepada detikcom saat dihubung, Jumat (19/10/2018).


Hengky mengaku terkait Kali Porong wewenangnya milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Namun pihaknya selalu kordinasi dengan BBWS terkait kondisinya Kali Porong.

"Masalah penanganan memang BBWS, tetapi kordinasinya dengan PPLS," tambah Hengky.

Dia menjelaskan, pengendapan itu hanya di sekitar dua pipa pembuangan lumpur. Untuk pembuangan lumpur itu tidak padat, cenderung cair. Dengan komposisi air 70 persen, sementara lumpur hanya 30 persen.

"PPLS melakukan pembuangan lumpur ke Kali Porong tidak padat cenderung cair. Sementara sedimentasi itu hanya di sekitarnya pipa pembuangan lumpur," jelasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed