detikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 15:13 WIB

Hutan di Lereng Gunung Bentar Seluas 13 Hektar Terbakar

M Rofiq - detikNews
Hutan di Lereng Gunung Bentar Seluas 13 Hektar Terbakar Foto: M Rofiq
Probolinggo - Hutan di lereng perbukitan Gunung Bentar di Probolinggo, terbakar. Perbukitan di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, di petak 22 C ini menghanguskan sekitar 13 hektar, Kamis (18/10/2018).

Kencangnya hembusan angin, membuat api secara cepat menghanguskan hektaran lahan rerumputan dan pepohonan, yang tengah mengering.

Polisi hutan, Rasyim menyebutkan areal lahan yang terbakar ditumbuhi sejumlah pohon. Di antaranya, pohon jati dan kesambi.

Rasyim memperkirakan munculnya api pertama kali diduga disebabkan faktor alam hingga menyulut munculnya api. Atau ada puntung rokok yang dibuang sembarangan.

"Tindakan yang telah kita lakukan, koordinasi dengan Muspika dan Koramil setempat pak. Sambil lalu melakukan pemadaman, menggunakan alat seadanya," terang Rasyim.

Sementara Danramil 19 Gending, Probolinggo, Asto Kuswantoro Aji mengatakan sulitnya akses jalan menuju titik kebakaran, menjadi salah satu kendala lamanya proses pemadaman api.

Asto menjelaskan, kondisi jalan masuk ke lokasi kebakaran, hanya sekitar 3 meter sehingga menyulitkan kendaraan PMK (Pemadam Kebakaran) tiba di lokasi.

"Kita padamkan saja pak, menggunakan alat seadanya. Serta kita isolasi dulu areal ini, agar tidak membahayakan warga sekitar," tegasnya.

Hingga pukul 14.00 WIB, si jago merah terus melalap hektaran rerumputan dan pepohonan kering yang ada di wilayah perbukitan Gunung Bentar.



Saksikan juga video 'Petugas Terkendala Memadamkan Kebakaran di Bukit Bromo':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com