DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 12:50 WIB

Cerita Salah Timbang Bobot Selvia, Ibu: 197 Kg itu Perkiraan

Eko Sudjarwo - detikNews
Cerita Salah Timbang Bobot Selvia, Ibu: 197 Kg itu Perkiraan Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Selvia Dwi Susanti, remaja berusia 15 tahun asal Lamongan yang mengalami obesitas dipastikan tidak memiliki bobot mencapai 197 kg. Tim dokter Puskesmas Bluluk mengatakan bobot Selvia yang sebenarnya adalah 179 kg.

Ada cerita menarik di balik insiden salah bobot Selvia. Keluarga awalnya memang mengklaim putri kedua pasangan Suroso dan Musri itu berbobot 197 kg.

"Bobot 197 kg ini adalah perkiraan karena selama beberapa tahun belum pernah ditimbang," kata ibu Selvia, Musri kepada detikcom, Kamis (18/10/2018).


Musri mengakui si bungsu selalu menolak bila ditimbang berat badannya karena malu. Hingga akhirnya tiga tahun lalu, Selvia bersedia untuk ditimbang. Saat itu bobotnya telah mencapai 146 kg. Untuk itu, keluarga memperkirakan saat ini bobotnya mencapai 197 kg.

"Anak saya ini selalu minder dan tak mau ditimbang karena malu, terakhir ditimbang ya 3 tahun lalu," jelasnya.

Bobot Selvia akhirnya diketahui setelah Muspika dan tim dokter Puskesmas Bluluk mendatangi kediaman Selvia di Desa Cangkring, Kecamatan Bluluk untuk menimbang berat badannya.

Mereka terpaksa menggunakan timbangan duduk yang biasa dipakai untuk menimbang gabah.


Salah seorang tetangga yang ikut serta dalam proses penimbangan, Purwanto mengaku mereka terpaksa memakai timbangan gabah karena keadaan.

"Timbangan bobot biasa kan batas maksimalnya hanya 1 kuintal," tandasnya.

Saat ditimbang pun, Selvia awalnya juga menolak. Namun karena dibujuk banyak orang, remaja ini akhirnya bersedia dan dari situ diketahui bahwa berat badan Selvia yang sebenarnya adalah 179,3 kg.


Saksikan juga video 'Malu Akibat Obesitas, Gadis di Lamongan Terpaksa Putus Sekolah':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed