DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 21:19 WIB

Risma akan Sulap Surabaya Utara Jadi Wisata Kota Tua

Zaenal Effendi - detikNews
Risma akan Sulap Surabaya Utara Jadi Wisata Kota Tua Risma dengan background bangunan tua di Surabaya utara (Foto: Zaenal Effendy)
Surabaya - Kawasan Surabaya Utara memiliki banyak bangunan kuno. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ingin menjadikan sebagai destinasi wisata seperti kota tua Jakarta.

"Saya ingin Surabaya Utara menjadi destinasi wisata bangunan tua atau apalah namanya. Saya yakin kalau kita mulai ubah wajahnya dan ditangani pasti bisa. Apalagi di sana juga banyak karya arsitek terkenal yang mungkin tidak banyak orang tahu," kata Risma saat melakukan rapat bersama beberapa perusahaan cat di rumah dinas, Rabu (17/10/2018).

Dalam rapat itu, Risma ingin bekerjasama dengan perusahaan cat untuk mengembalikan wajah Surabaya Utara.


"Saya undang perusahaan-perusahan ini, mungkin bisa membantu, agar kawasan utara bisa diangkat kalau kita sendiri berat. Kalau daerah itu dikembangkan akan jadi destinasi baru," ujar Risma.

Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi mengaku akan memulai rencana menjadikan kawasan Surabaya Utara sebagai destinasi wisata kota tua pada awal 2019.

"Surabaya utara yang kita hidupkan dimulai dari Jalan Karet agar terkoneksi dengan kampung arab dan kampung cina. Kita hidupkan dulu, yang saat ini jalan aspal akan kita rubah seperti batu alam serta bangunan akan dicat untuk timbul coraknya, kita tunjang dengan permainan lampu, orang bisa lakukan seni, mengabadikan foto di sana," kata Eri di rumah dinas.


Dengan menghidupkan kembali kota tua, pihaknya berharap bisa mendongkrak perekonomian Surabaya Utara.

"Goal kita hanya satu yakni perekonomian di sana ikut maju. Tidak hanya sampai kampung China dan Arab, karena rencana pengembangan Surabaya Utara akan terkoneksi hingga kawasan Sentra Ikan Bulak, Jembatan Suroboyo, kereta gantung serta lapangan tembak bertaraf internasional di Tambak Wedi," ungkapnya.
(ze/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed