DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 19:05 WIB

Air Sumur Warga yang Tercemar BBM Bisa Nyalakan Mesin Motor

Enggran Eko Budianto - detikNews
Air Sumur Warga yang Tercemar BBM Bisa Nyalakan Mesin Motor Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Tak hanya terbakar jika disulut dengan api, air sumur di rumah warga Dusun Panjer, Desa Tunggalpager, Pungging, Mojokerto juga bisa digunakan sebagai bahan bakar motor. Itu setelah air sumur tersebut tercemar bahan bakar minyak (BBM).

Hal itu sudah dibuktikan Khoirudin (35), pemilik sumur yang airnya tercemar BBM. Kabar air sumur di belakang rumahnya yang bisa terbakar jika disulut dengan api, membuat tetangganya penasaran.

Pada Senin (15/10), tetangga dekat Khoirudin, Soleh meminta minyak yang diambil dari sumur tersebut. Kandungan minyak itu menutupi permukaan sumur dengan diameter 1 meter dan kedalaman sekitar 17 meter tersebut.

"Saya pisahkan air dengan minyaknya. Lalu minyaknya saya berikan ke Pak Soleh setengah botol air minum kemasan (sekitar 300 mililiter)," kata Khoirudin kepada detikcom di rumahnya, Selasa (16/10/2018).


Minyak yang menurut Khoirudin mirip BBM jenis Pertalite itu dimasukkan ke tangki motor Honda Grand milik Soleh. Sebelum itu, tanki bahan bakar sepeda motor tersebut telah dikosongkan.

"Motornya bisa jalan, tak mogok," ungkapnya.

Tercemarnya air sumur di belakang rumah Khoirudin ini terjadi sejak sebulan lebih. Namun, penjual nasi pecel itu baru menyadarinya 5 hari yang lalu.


Saat itu, dia terpaksa menimba secara manual air di sumurnya. Ternyata air sumur itu berwarna hijau dan beraroma seperti Pertalite.Sejak saat itu, Khoridin tak berani menggunakan air sumur untuk mandi, mencuci, minum maupaun memasak. Untuk mandi dan mencuci, dia beralih ke air PDAM. Sementara untuk minum dan memasak, dia membeli air minum kemasan.

Kondisi serupa juga terjadi di sumur warga Dusun Panjer lainnya. Hanya saja air sumur warga lainnya tak sampai terbakar jika disulut dengan api.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed