DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 18:05 WIB

2 Gudang Pabrik Mebel di Pasuruan Terbakar, Diduga Korsleting

Muhajir Arifin - detikNews
2 Gudang Pabrik Mebel di Pasuruan Terbakar, Diduga Korsleting Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Pabrik pengolahan kayu atau mebel PT Sakari Sumber Abadi di Jalan Raya Pasuruan-Probolinggo, Beji, Kabupaten Pasuruan, terbakar. Dua gudang pengecatan habis terbakar.

Berdasarkan keterangan dari karyawan kebakaran berawal sekitar pukul 14.30 WIB, saat aktivitas di dalam gudang sangat padat. Api muncul saat para pekerja sedang melakukan aktivitas finishing.

"Saya melihat api muncul dari kabel listrik. Di dalam banyak kabel untuk alat pengecatan," kata salah seorang karyawan bagian finishing yang panik di sekitar gerbang pabrik, Selasa (16/10/2018).

Menurutnya api dari kabel tersebut menyambar ke benda-benda di sekitarnya. Karena dalam gudang dipenuhi cat dan furniture, api dengan cepat membesar. Karyawan berlarian keluar gudang dan menjauhi lokasi.

"Kami semua lari keluar, masih banyak alat menyala ditinggal saja," imbuhnya.

30 Menit berselang, kobaran api merabat gudang kedua. Dengan cepat, dua gudang dan isinya ludes terbakar. Asap pekat membubung tinggi ke udara.

Karyawan lain mengatakan, sempat terdengar beberapa kali letusan di tengah kobaran api. Semua karyawan yang ada di gudang lain yang tak terbakar ikut panik dan meninggalkan gudang.

Berdasarkan pengamatan detikcom, sebanyak 3 mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. Puluhan karyawan juga ikut membantu pemadaman.

Pukul 16.30 WIB, api berhasil dipadamkam. Namun petugas masih melakukan pembasahan sejumlah titik. Akibat peristiwa ini semua karyawan dipulangkan.

"Secara umum sudah padam. Tapi masih dilakukan pembasahan," kata Kepala Pemadam Pemkab Pasuruan, Ruspandi.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Kerugian akibat peristiwa ini juga belum dipastikan. "Soal itu silakan ke polisi," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed