Bupati Malang Ditahan KPK, Wabup dan Sekda Temui Gubernur Jatim

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 16 Okt 2018 11:43 WIB
Pendopo Pemkab Malang Jalan Agus Salim/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Wakil Bupati Malang Sanusi bersama Sekretaris Daerah (Sekda) bertolak menuju Surabaya. Keduanya ingin bertemu Gubernur Jatim membahas kelanjutan roda pemerintahan di Kabupaten Malang.

Itu dilakukan pasca KPK menahan Bupati Malang Rendra Kresna atas sangkaan suap dan gratifikasi.

"Ini saya perjalanan menuju Surabaya, mau ketemu pak gubernur melaporkan kondisi terkini dan meminta petunjuk ke depannya bagaimana," ungkap Wakil Bupati Malang Sanusi dihubungi detikcom pukul 10.15 wib, Selasa (16/10/2018).

Sanusi menambahkan, langkah cepat sengaja diambil agar roda pemerintahan di Kabupaten Malang tidak sampai terganggu.


"Agar cepat, meski semua baik-baik saja. Artinya tetap bekerja dan program kerja berjalan normal," ungkapnya.

Sementara secara terpisah Sekda Pemkab Malang Didik Budi Muljono menyatakan, dirinya juga tengah berangkat menuju Grahadi, Kota Surabaya.

"Ini tengah perjalanan ke Surabaya, pak wabup juga menuju tempat yang sama untuk bertemu pak gubernur," ujar Didik dihubungi terpisah.

Didik mengaku, tiga program prioritas digagas Pemkab Malang akan tetap dijalankan. Pertama pengentasan kemiskinan, lingkungan dan pengembangan pariwisata. Salah satu fokusnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari.


"Jadi program prioritas akan tetap dijalankan. Tiga itu, pengentasan kemiskinan, lingkungan hidup dan pariwisata," tegas Didik diujung telpon.

Ditambahkan, bahwa dalam waktu dekat tak ada agenda penting. Sebab, pembahasan APBD-perubahan tahun 2018 sudah disetujui.

"Tidak ada agenda paripurna, pembahasan APBD-perubahan sudah didok. Tinggal menjalankan program kerja yang telah direncanakan," beber Didik.

Meski demikian, bersama Wabup Sanusi pihaknya ingin menggelar koordinasi dengan Pemprov Jatim agar sistem pemerintahan tetap berjalan normal.


Pantauan detikcom, rutinitas pegawai di lingkungan Pendopo Pemkab Malang Jalan Agus Salim, Kota Malang, tetap berjalan normal.

Bupati Malang Rendra Kresna ditahan KPK. Rendra, tersangka kasus suap dan gratifikasi, ditahan di rutan Polres Jaksel.


Saksikan juga video 'Bupati Malang Rendra Kresna Ditahan KPK!':

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)