DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 19:17 WIB

Rochmat, Polisi dengan 79 Anak Asuh, Dapat Penghargaan dari PBB

Sugeng Harianto - detikNews
Rochmat, Polisi dengan 79 Anak Asuh, Dapat Penghargaan dari PBB Foto: Sugeng Harianto
Madiun - Masih ingat dengan sepak terjang anggota Brimob Detasemen C Pelopor Polda Jatim, Rochmat Tri Marwoto yang menjadi orang tua asuh bagi puluhan anak di Madiun? Upayanya pun mendapatkan apresiasi dari salah satu badan di bawah Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Hari ini, penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Ipda Rochmat oleh perwakilan dari PBB, Leodewyk. Penghargaan diberikan secara langsung di kediamannya di Dusun Jati, Desa Klagenserut, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun.

"Ini suatu inisiatif seorang Rochmat yang begitu besar, semangat kemanusiaan. Kami berikan apresiasi yang luar biasa atas keikhlasannya merawat anak-anak yatim piatu di rumahnya," ujar Leodewyk dalam sambutannya sebelum menyerahkan penghargaan, Senin (15/10/2018).


Leodewyk berharap penghargaan yang diberikan kepada anggota Brimob Detasemen C Pelopor Polda Jatim di Kota Madiun ini dapat menginspirasi anggota kepolisian lainnya.

Usai diberi penghargaan, Ipda Rochmat mengaku tak pernah mengira akan mendapatkan penghargaan dari PBB.

"Saya sangat terkejut atas pemberian penghargaan ini. Insyaallah saya tetap merawat anak asuh saya dengan ikhlas," tuturnya.

Rochmat, Polisi dengan 79 Anak Asuh, Dapat Penghargaan dari PBBFoto: Sugeng Harianto

Total ada 79 anak yang diasuh oleh Rochmat. Bahkan beberapa di antaranya sudah bekerja atau hidup mandiri. Salah satu anak asuh Ipda Rochmat yang bernama Ridho Amirul Mukminin (21) mengaku bangga menjadi anak asuh dari anggota polisi berusia 41 tahun tersebut. Kini ia hampir menyelesaikan pendidikannya di STAIM Magetan.

"Alhamdulillah saya sudah mau wisuda ini, berkat bapak Rochmat. Orang tua tidak mampu menguliahkan saya," tandasnya kepada detikcom.


Acara penyerahan penghargaan dari PBB itu juga dihadiri oleh Kapolda Jawa Timur Jatim Irjen Luki Hermawa, Bupati Madiun H Ahmad Dawami dan Kapolresta Madiun AKBP Nasrun Pasaribu.

Kapolda pun mengaku bangga atas kepedulian sosial yang dimiliki Ipda Rochmat. "Begitu besar jiwa sosial dan semangat kemanusiaannya. Dia bisa meluangkan waktu untuk kemanusiaan tampa meninggalkan tugas untuk negara. Banyak terima kasih untuknya. Untuk polisi selamat berjuang terus pantang mundur. Jadikan anak-anak ini berguna bagi bangsa," kata Luki dalam sambutannya.

Usai penyerahan penghargaan, Luki juga berkesempatan memotong rambut dua anak asuh Ipda Rochmat yang baru diaqiqoh, yaitu Al-Farabi Ibnu Ar'rozi dan Asyifa Ghumaisya Ar'rozi. Kapolda juga meresmikan musala untuk anak-anak asuh Ipda Rochmat.

Selain penghargaan dari PBB, berikut sederet penghargaan yang diraih Ipda Rochmat berkat jiwa sosial yang dimilikinya:
1. Pada tanggal 10 Maret 2017 memperoleh penghargaan Kick Andy Heroes 2017
2. Pada tanggal 20 November 2017 mendapatkan penghargaan dari Kapolda Jatim, saat itu Irjen Pol Machfud Arifin
3. Pada tanggal 3 Januari 2018 memperoleh penghargaan dari Kapolri dalam bentuk pendidikan Sekolah Inspektur Polisi registrasi angkatan 47 tahun ajaran 2018

Sebelum menghadiri pemberian penghargaan kepada Ipda Rochmat Kapolda beserta rombongan Forkopimda termasuk Bupati Madiun H Ahmad Dawami, berkunjung ke Ponpes Al-Mujaddadiyah Kota Madiun pimpinan KH. Mustofa Izzudin (Gus Sofa). Dalam kunjungannya ke Ponpes yang berada di Jalan Sitinggil Kelurahan Demangan Kapolda berpesan agar pesantren ikuti serta menghadapi tahun Politik 2019 agar berjalan kondusif.

"Pengaruh media sosial sangat kuat sehingga kami harapkan dapat menyikapi dengan bijak adanya berita dan informasi khususnya berita hoax, isu sara dan ujaran kebencian yg memecah belah bangsa. Itu pesan Bapak Kapolda tadi, kepada santri ponpes'" ujar Kapolresta Madiun AKBP Nasrun Pasaribu.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed