DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 17:29 WIB

Satu Lagi Pelaku Jual Beli Bayi Via Medsos Diamankan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Satu Lagi Pelaku Jual Beli Bayi Via Medsos Diamankan Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Satu lagi pelaku jual beli bayi via media sosial diamankan. Pelaku ini adalah pembeli atau pengadopsi bayi.

Pelaku adalah Mafazza (24), warga Jalan Karah Agung, Jambangan, Surabaya. Mafazza membeli bayi ini dari seorang mahasiswi Tangerang dengan perantara bernama Yuvi. Bayi ini dibeli Mafazza saat usianya masih tiga hari.

"Kemarin malam (15/10), satu orang sudah kami amankan dan kami tetapkan sebagai tersangka yaitu MN (Mafazza). Yang menjadi adopter bayi berumur 3 hari dari seorang perempuan yang berada di Tangerang," ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Rudi Setiawan kepada wartawan di Polrestabes Surabaya, Senin (15/10/2018).

Rudi mengatakan Mafazza mengetahui soal adanya adopsi bayi tersebut dari akun instagram yang dibuat Alton. Dari akun itulah Mafazza mendapatkan nomor sekaligus WhatsApp Alton. Keinginan Mafazza akan anak akhirnya dikofirmasi Alton dengan mengajak bertemu di alun-alun Sidoarjo.


"Mereka bertemu setelah berkomunikasi melalui grup WhatsApp. Akhirnya mereka sepakat akan mengambil bayi yang ada di Semarang," kata Rudi.

Ibu bayi tersebut memang berada di Semarang. Dengan perantaraan Yuvi, bayi yang masih berumur tiga hari itu berpindah tangan ke Alton yang berangkat sendiri ke Semarang. Pada 23 September 2018, Alton memerintahkan Mafazza melakukan transfer ke ibu kandung bayi tersebut sebesar Rp 3,5 juta sebagai biaya persalinan dan tambahan Rp 300 ribu sebagai beli susu dan uang transportasi.

Setelah uang sebesar Rp 3,8 juta ditransfer oleh Mafazza, Alton Kemudian mengantarkan bayi tersebut ke rumah Mafazza di Surabaya.

"Ini bukan sekadar adopsi anak. Tapi ini ada transaksi di sana. Ini ada bukti sejumlah kwitansi," ungkap Rudi.


Sementara itu, untuk bayi yang menjadi korban saat ini dirawat di sebuah yayasan anak.

"Sementara untuk bayi yang menjadi korban. Saat ini kami titipkan untuk dirawat dulu di sebuah yayasan anak di Surabaya. Untuk pelaku lain, masih kami buru," tandas Rudi.

Dari transaksi jual beli bayi yang dilakukan oleh Alton dan Mafazza, polisi mengamankan barang bukti berupa surat keterangan kelahiran, surat penyerahan bayi. Kwintasi pembayaran Rp 2.300.000 dan Kwitansi pembayaran sebesar Rp 441.500 serta 1 unit handphone Iphone 7.

Atas kejahatan yang dilakukannya, Mafazza bakal dijerat dengan pasal Perdagangan anak pasal 83 UU RI No 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No 23 tahun 2002 JO pasal 76 F tentang perdagangan anak jo 56 KUHP.

Dengan diamankannya Mafazza, total sudah ada luma tersangka yang ditangkap. Sebelumnya polisi telah mengamankan Alton, Lariza Anggraeni, Ni Nyoman Sirait, dan Ni Ketut Sukawati.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed