DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 17:01 WIB

Korupsi Kas Desa Rp 52 Juta, Kades Sidoarjo Diserahkan ke Kejaksaan

Suparno - detikNews
Korupsi Kas Desa Rp 52 Juta, Kades Sidoarjo Diserahkan ke Kejaksaan Foto: Suparno
Jakarta - Polisi melimpahkan berkas penyidikan kasus korupsi kas Desa Pesawahan, Porong, Sidoarjo. Pada pelimpahan ini, penyidik juga menyerahkan 2 tersangka.

Kedua tersangka adalah Kades Pesawahan nonaktif Aris (30) dan kontraktor Purwanto. Keduanya diserahkan ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Sidoarjo untuk tahap penuntutan.

Kedua tersangka terjerat kasus korupsi APBDes tahun 2016. Berdasarkan hasil audit BPKP Jatim, perbuatan korupsi kedua tersangka mengakibatkan kerugian negara Rp 52 juta.

Kedua tersangka ini diketahui melakukan korupsi anggaran proyek pavingisasi di RW 1 dan RW 2 Desa Pesawahan. Anggaran dua proyek tersebut senilai Rp 510 juta, dengan rincian Rp 406 juta pavingisasi di RW 1, dan Rp104 juta di RW 2.

Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Haris mengatakan, modus korupsi yang dilakukan kedua tersangka dengan mengurangi volume pavingisasi.

'"Panjang pavingisasi seharusnya 1.700 meter dan 200 meter di RW 1 dan RW 2, ternyata setelah dicek di lapangan, panjang pengerjaan tidak sesuai yang seharusnya," kata Harris kepada wartawan di Mapolresta Sidoarjo, Senin (15/10/2018).

Ironisnya lagi, lanjut Haris, pengerjaan proyek peninggian jalan paving ini juga tanpa melalui lelang. Oknum kepala desa itu langsung menunjuk kontraktor yang kemudian juga menjadi tersangka.

"Akibat perbuatan tersangka ini negara mengalami kerugian sebesar Rp52 juta," tambah Harris.

Harris menjelaskan, kedua tersangka dijerat pasal 2 dan atau pasal 3 dan atau pasal 9 UU RI No 31 tahun1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Sementara Kades Pesawahan non aktif ini juga dijerat dengan pasal 55 ayat 1 KUHP.

"Tersangka akan di ancam pindana penjara paling singkat satu tahun, dan paling lama 20 tahun kurungan," tegas Haris.


Simak Juga 'KPK Usul Pelapor Korupsi Dihadiahi 1% dari Kerugian Negara':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed