Kunjungi Pulau Sapudi, Wakapolda Jatim Beri Semangat Korban Gempa

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Sabtu, 13 Okt 2018 17:50 WIB
Foto: Istimewa
Sumenep - Korban gempa Situbondo di Pulau Sapudi, Sumenep, Madura, mendapat semangat dari Wakapolda Jatim Brigjen Pol M Iqbal. Selain itu, Wakapolda juga memberikan tali asih kepada keluarga korban meninggal dunia.

"Saya pesan pada warga masyarakat yang menjadi korban gempa dengan berdialog langsung agar lebih sabar dan tawakal menerima cobaan dari Allah SWT," kata Iqbal dihubungi usai meninjau lokasi, Sabtu (13/10/2018).


Iqbal juga sempat mengunjungi keluarga korban meninggal sembari menitipkan sumbangan dari Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. Kehadirannya ini pun ddisambut oleh beberapa warga, bahkan ada yang menangis menceritakan kesedihannya usai terkena musibah.

Tak hanya menyambangi tenda-tenda pengungsi, Iqbal juga sempat meninjau lokasi tenda yang didirikan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Jatim. Iqbal memastikan fasilitas kesehatan yang disediakan cukup memadai.

Foto: Istimewa

Selain itu, mantan Kapolrestabes Surabaya ini juga meninjau tenda penyimpanan untuk memastikan bahan makanan hingga pakaian cukup untuk para korban.

"Kami sempat meninjau lokasi tenda penyimpanan puluhan ton beras, gula dan ribuan kotak bahan makanan dan pakaian, serta ratusan sak semen," katanya.

Tak lupa, Iqbal juga berterimakasih kepada seluruh jajaran Polisi dan TNI yang bergotong-royong bersama masyarakat untuk mendirikan tenda hingga membangun kembali rumah yang runtuh.


"Saya berterimakasuh pada Kapolres, Dandim, Muspika dan masyarakat setempat yang dibantu dari Brimob, Sabhara dan Provost Polda Jatim dengan cepat tanggap bergotong royong mendirikan tenda penampungan, dapur umum sehingga para korban merasa aman dan nyaman walaupun berada di tenda untuk sementara waktu," imbuhnya.

Sebelumnya, telah ada 123 personel dari jajaran Polda Jatim yang diperbantukan. Hal ini termasuk bantuan tenaga medis dari Bid Dokkes Polda Jatim. Ada pula 220 personel dari TNI dengan rincian pasukan Batalyon Rider, Batalyon Zipur, Den Bekang, Kodim 0827 Sumenep dan Koramil Sapudi.


Tonton juga video Ratusan Rumah Hancur Lebur Akibat Gempa Situbondo!

[Gambas:Video 20detik]

(bdh/bdh)