DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 16:12 WIB

Pembangunan Rumah Pasca Gempa Situbondo Ditarget Rampung 21 Hari

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Pembangunan Rumah Pasca Gempa Situbondo Ditarget Rampung 21 Hari Gubernur Soekarwo/File
Surabaya - Gubernur Soekarwo menargetkan pembangunan rumah rusak pasca diterjang gempa Situbondo di Kepulauan Sapudi, Sumenep, Madura, rampung 21 hari. Pihaknya juga tengah menyiapkan logistik dan tenaga untuk membangun.

"Target selesainya dari hari ini sampai 21 hari," ujar Pakdhe Karwo sapaan akrabnya usai Upacara HUT ke-73 Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (12/10/2018).

Ditanya dari mana saja materialnya, Pakdhe Karwo menyebut pihaknya akan mengambil bahan-bahan dari toko bangunan di Sumenep. Dia pun mengaku akan mencari bahan dengan harga grosir dan lebih murah dari segi ongkos kirim.


Sementara jika tak ada, dia akan membeli bahan-bahan tersebut dari sekitar Surabaya. Dia menyebut distribusi pengiriman juga tidak terlalu susah karena menggunakan kapal dengan perjalanan selama 2,5 jam.

"Kalau di Sumenep harga grosir, bukan harga toko eceran. Kalau tidak sampai di grosir, kita distribusi dari sini ngangkut kapalnya 2,5 jam bisa dihitung, kemudian sampailah di pelabuhan dan kemudian diangkut oleh mobilnya tentara," paparnya.

Sementara untuk warga Sumenep, jelas Pakdhe Karwo, diingatkan agar ikut membantu polisi dan TNI dalam membangun kembali rumah-rumahnya.


"Kemarin saya sudah kumpulkan tokoh-tokohnya, saya bilang saya nggak mau warga rumahnya dibangun, tapi sampeyan (Warga) hanya duduk-duduk saja melihat polisi dan tentara membangun rumah sampean. Jadi tolong dibantu," pesan Pakdhe Karwo.


Saksikan juga video 'Ratusan Rumah Hancur Lebur Akibat Gempa Situbondo!':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed