DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 18:21 WIB

Tenda Disiapkan Bagi Warga Sumenep yang Takut Gempa Susulan

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Tenda Disiapkan Bagi Warga Sumenep yang Takut Gempa Susulan Foto: Hilda Meilisa Rinanda/File
FOKUS BERITA: Gempa Situbondo M 6
Surabaya - Tenda-tenda darurat bagi warga Pulau Sapudi, Sumenep, Madura yang masih takut terjadi gempa susulan, disiapkan. Tenda ini juga diperuntukkan menampung warga yang rumahnya hancur.

"Ada juga yang di tenda, ini cukup baik. Sehingga masyarakat di sana memang ada yang minta tenda untuk tempat tinggal sementara. Di dekat rumahnya yang dibangun tenda di dekat lapangan," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan usai mengunjungi lokasi gempa, Kamis (11/10/2018).

Kapolda mengatakan situasi di lokasi pasca gempa terpantau kondusif. Terlebih Gubernur Soekarwo telah menjamin biaya kerusakan dan berobat telah ditanggung pemerintah.

"Jadi alhamdulillah di sana kondusif, gubernur telah memberikan arahan, memberikan informasi bahwa semua biaya untuk kerusakan dan untuk berobat itu ditanggung oleh pemerintah," ucapnya.


Sementara Gubernur Soekarwo mengatakan pihaknya juga menyediakan tenda-tenda perawatan untuk korban luka. Diakuinya, beberapa korban luka tak mau dipindahkan ke rumah sakit. Untuk itu pihaknya menyiapkan tanda-tenda klinik di sana.

"Segera, pertama tentang dia tidak mau dipindahkan sakitnya ke Sumenep, pak pangdam dan kapolda menyiapkan tenda-tenda klinik untuk di sana," kata Pakdhe Karwo.

Dalam klinik-klinik tersebut, Pakdhe Karwo mengatakan akan mencukupi kebutuhan dokter berikut obat-obatannya. Bahkan, dia mengupayakan jika dibutuhkan operasi, dalam tenda tersebut akan bisa dilakukan.

"Bahkan, kalau-kalau sangat diperlukan untuk operasi misalkan tentang tulang, dan juga bedah itu ditempatkan di sana tadi operasinya," lanjutnya.


Saksikan juga video 'Ratusan Rumah Hancur Lebur Akibat Gempa Situbondo!':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
FOKUS BERITA: Gempa Situbondo M 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed