DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 12:47 WIB

Ini Data Kerusakan Rumah Warga di Jember akibat Gempa Situbondo

Yakub Mulyono - detikNews
Ini Data Kerusakan Rumah Warga di Jember akibat Gempa Situbondo Foto: Yakub Mulyono
Jember - Dampak gempa magnitudo 6,0 Situbondo membuat belasan rumah di Kabupaten Jember, mengalami rusak. Bahkan satu musala dilaporkan ambruk.

Musala di Dusun Manggis, Desa/Kecamatan Sukorambi, berukuran 3 x 2 meter ambruk. Warga pun hanya bisa pasrah, dan berharap ada uluran tangan dari masyarakat mampu untuk bisa memperbaiki musala.

"Tadi malam, ada gempa. Tidak tahu kalau musala nya juga rusak. Pagi harinya baru diketahui atap musala ini juga ambruk. Bahkan dindingnya retak-retak," ungkap Roni Wijaya, warga yang tinggal di sekitar musala, Kamis (11/10/2018).


BPBD Kabupaten Jember, masih melakukan assesment ke wilayah-wilayah yang melaporkan adanya kerusakan infrastruktur.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo menyampaikan, berdasarkan laporan dari perwakilan relawan bencana yang tersebar di seluruh kecamatan se Kabupaten Jember, bahwa banyak rumah warga yang terkena dampak gempa.

"Personel kami terbagi dalam beberapa tim, saat ini menyebar untuk melakukan asessment terkait rumah warga yang terdampak gempa," kata Heru saat dikonfirmasi wartawan.

Musala di Jember rusak dampak gempa/Musala di Jember rusak dampak gempa/ Foto: Yakub Mulyono

Data sementara yang masuk, jelas dia, yakni di wilayah Kecamatan Sukorambi ada 7 rumah rusak, baik ambruk bagian rumah, ataupun rusak ringan. Selain itu di Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, 1 rumah rusak berat dan sekitar 10 rumah lainnya, di lingkungan Kecamatan Kebonagung juga ada.

Menurut Heru, data jumlah rumah yang rusak tersebut, masih terus bertambah. "Karena laporan dari relawan dan petugas kami di lapangan masih terus masuk. Nanti update informasi akan kami sampaikan lebih lanjut," tandasnya.

Sementara Rezha Pratama, anggota BPBD Jember mengaku untuk wilayah Kecamatan Sukorambi, Jember, rumah milik Zainal di RT 01 RW 05 Dusun Botosari, Desa Dukuhmencek, mengalami kerusakan cukup parah di bagian dapur.

"Saat kejadian gempa, bagian belakang dinding dapur ambruk dan beruntung tidak ada korban saat itu. Tetapi atap rumah terpaksa ditopang sementara menggunakan 3 batang bambu," ujar Zainal.

Sementara untuk di wilayah Dusun Manggis, Desa/Kecamatan Sukorambi, rumah milik Sugeng mengalami rusak berat. "Ruang tamu sampai ke ruang keluarga ambruk dan penghuni rumah terpaksa pindah sementara ke rumah saudaranya. Tetapi data ini masih terus berkembang, karena kami masih menuju ke wilayah Kebonagung," tandasnya.


Saksikan juga video 'Digoyang Gempa, Pasien RSUD Sumenep Dievakuasi ke Luar Gedung':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed