DetikNews
Rabu 10 Oktober 2018, 07:42 WIB

Jelang Pilpres, Polisi-TNI-Pemkot Kediri Ajak Warga Cegah Berita Hoax

Andhika Dwi - detikNews
Jelang Pilpres, Polisi-TNI-Pemkot Kediri Ajak Warga Cegah Berita Hoax Foto: Andhika Dwi
Kediri - Ancaman berita hoax yang semakin nyata dan semakin sering terjadi mendorong tiga pilar penting di Kota Kediri, yaitu polisi, TNI dan Pemkot menggelar Kabar Kamtibmas atau forum komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

Terkait persoalan ini, Kapolres Kediri Kota, AKBP Anthon Haryadi, memberikan gambaran bahwa saat ini wilayah Kota Kediri masih kondusif dari kabar hoax, namun di wilayah lain kabar hoax terbukti mampu memecah belah dan membuat daerah yang tadinya aman menjadi berkonflik.

"Saat ini Kota Kediri memang dalam kondisi aman kondusif utamanya dari hoax, namun di daerah lain, hoax bisa memicu konflik, perpecahan antargolongan. Untuk itulah komunikasi yang baik antara TNI-Polisi, Pemkot Kediri sangat perlu dijaga dan semakin ditingkatkan. Inilah tujuan Kabar Kamtibmas," ujar Anthon di aula Koramil 0809/1 Jalan Mongonsidi Kota Kediri, Selasa (9/10/2018) malam.


Selain melalui Kabar Kamtibmas, Anthon juga memaparkan berbagai strategi yang dilakukan polisi dalam menjaga kamtibmas Kota Kediri. Di antaranya proaktif policing, patroli barcode dan penguatan sarana dan prasarana.

"Ada 4 strategi Polresta Kediri dalam program melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, yaitu penguatan 3 pilar, proaktif policing, patroli barcode dan penguatan sarana dan prasarana. Untuk itulah peran masyarakat sangat diperlukan," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar juga berharap memasuki masa kampanye Pilpres, Kota Kediri tetap aman dan damai sehingga investor berminat untuk masuk dan mengembangkan usahanya di Kota Kediri dan berdampak positif terhadap kemajuan perekonomian warga.

"Terima kasih TNI-Polri, pelaksanaan Pilkada kemarin aman. Semoga memasuki masa Pilpres kondisi keamanan Kota Kediri tetap aman sehingga investor berminat masuk Kediri, sehingga berimbas kepada peningkatan ekonomi warga," harapnya.


Senada dengan Wali Kota Kediri dan Kapolres Kediri Kota, Dandim 0809 Kediri Letkol (Kav) Dwi Agung Sutrisno juga memiliki harapan yang sama dalam menjaga kondisi Kota Kediri agar aman, tentram dan nyaman. Untuk itulah komunukasi seperti acara ini merupakan momentum tepat saling bersilaturahmi dan meningkatkan komunikasi.

"Acara semacam ini sangat bermanfaat dalam menjaga kondusifitas dan meningkatkan komunikasi dalam menciptakan kemananan ketertiban masyarakat, dan perangi kabar Hoax," ujarnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed