Kebakaran Lereng Argopuro Akhirnya Padam, 13 Hektar Hutan Terbakar

Chuk S. Widarsha - detikNews
Senin, 08 Okt 2018 14:51 WIB
Foto: Chuk S. Widarsha
Bondowoso - Setelah 'berjibaku' selama 3 hari siang dan malam, kebakaran hutan di Pegunungan Argopuro sisi timur akhirnya bisa dipadamkan. 13 Hektar hutan lindung hangus terbakar.

Tim gabungan yang terdiri dari Polhut, TNI/Popri, serta masyarakat sekitar bekerja siang malam nonstop untuk memadamkan si jago merah dan melokalisir titik api. Lokalisir dilakukan agar api tak merembet.

"Tim memang bekerja siang malam nonstop. Bahkan beberapa tim akhirnya harus bermalam di atas," kata Kepala BKPH Bondowoso, M. Rifai, saat ditemui di sekitar lokasi, Senin (8/10/2018).


Menurut M. Rifai, lokasi kebakaran hutan memang berada di kemiringan dan sangat ekstrim. Yakni sekitar 70 derajat. Sehingga perlu tindakan dan peralatan khusus untuk mencapai lokasi itu.

"Memang ada titik yang tak mungkin bisa kami jangkau. Maka, dibuatlah ilaran atau sekat agar tidak merembet. Mudah-mudahan tak ada yang terbakar lagi," terang M. Rifa'i.

Tim gabungan yang terdiri dari beberapa unsur di Bondowoso kembali mendatangi Pegunungan Argopuro sisi timur. Mereka berupaya memadamkan api yang membakar kawasan itu sejak Sabtu (6/10) siang. (fat/fat)