detikNews
Senin 08 Oktober 2018, 12:08 WIB

Segarnya Jajan Es Coklat Tambah Umur yang Legendaris di Surabaya

Intan Puspita Asri - detikNews
Segarnya Jajan Es Coklat Tambah Umur yang Legendaris di Surabaya Foto: Intan Puspita Asri
Surabaya - Lebih dari enam puluh delapan tahun berdiri, Es Coklat Tambah Umur telah sukses menjadi salah satu es paling legendaris dan favorit di Kota Pahlawan.

Padahal sajian es yang satu ini begitu sederhana. Tak punya banyak toping dan menu lain, kedai ini justru hanya memiliki satu menu yaitu Es Coklat yang dipadukan dengan Roti Sobek.

"Es Coklat Tambah Umur sudah buka sejak tahun 1950, dari sebelum saya lahir. Dulu bapak yang berjualan menggunakan gerobak kayu. Setelah bapak saya meninggal tahun 2006 saya yang meneruskan," ujar Cahyo, penjual sekaligus salah satu anak dari pemilik Es Coklat Tambah Umur kepada detikcom, Senin (8/10/2018).

Cahyo mengungkapkan, satu gelas Es Tambah Umur yang dijualnya hanya dibanderol seharga Rp 8.000. Bila ingin menyantap es dengan hidangan pelengkapnya yaitu Roti Sobek, maka pembeli hanya perlu menambah Rp 2.000.


Menurut Cahyo, meski telah berjualan selama puluhan tahun, ia memastikan tak ada yang berubah dalam resep esnya.

"Semuanya tidak ada yang diubah, saya masih mempertahankan resep asli dari bapak saya. Mulai dari coklat yang sama dan racikan gulanya," ungkap Cahyo.

Panas-panas Paling Enak Jajan Es Coklat Tambah Umur yang LegendarisFoto: Intan Puspita Asri

Namun Cahyo enggan mengungkapkan apa resep esnya karena itu adalah rahasia keluarga. Kendati demikian, Cahyo menegaskan esnya menggunakan gula asli dan coklat pilihan.

Tak heran bila kemudian Cahyo mengaku dapat menjual 2 tong es ukuran sedang setiap hari dengan omzet mencapai Rp 3 juta/hari.

"Ya saya biasanya jual dua tong es ukuran sedang. Kalau dihitung untungnya bisa jutaan setiap bulan," ujar Cahyo.

Popularitas Es Coklat Tambah Umur yang dikelola Cahyo pun terbukti dengan banyaknya pembeli yang datang.

"Saya baru pertama datang beli es disini karena penasaran setelah mendapat rekomendasi dari teman kantor. Katanya rasa es coklatnya unik. Terus saya cobain ternyata rasanya beda, apalagi kalo ditambah roti sobek yang dicelup esnya makin enak. Habis ini juga mau bungkusin buat istri di rumah," tutur salah satu pengunjung, Tomo.

Panas-panas Paling Enak Jajan Es Coklat Tambah Umur yang LegendarisFoto: Intan Puspita Sari


Lain Tomo, lain pula pendapat Hendra yang mengaku sudah nongkrong di kedai es Cahyo sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

"Es Coklat ini sudah lama sekali dari jaman saya masih (SD), sampe sekarang sudah bapak-bapak begini. Rasanya tetap sama dari dulu makanya saya sering datang kemari," ungkap Hendra.

Penasaran? Tak perlu khawatir kehabisan sebab Cahyo membuka kedainya yang berlokasi di daerah Simokerto, Surabaya ini dari pagi hingga sore hari.

"Kami buka dari jam 8 pagi hingga 4 sore. Tapi kalau semua esnya belum habis, ya kita bisa tutup lebih lama," pungkasnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed