DetikNews
Sabtu 06 Oktober 2018, 19:38 WIB

Ini Keseruan Nobar Persebaya vs Arema di Mapolrestabes Surabaya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Ini Keseruan Nobar Persebaya vs Arema di Mapolrestabes Surabaya Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Gemuruh tabuhan drum memacu semangat ribuan bonek dan bonita kala menonton laga Persebaya vs Arema di halaman Mapolrestabes Surabaya. Sebelumnya, bonek memang dilarang untuk menonton pertandingan secara langsung di Stadion Kanjuruhan Malang.

Hal ini untuk mengurangi terjadinya bentrokan antara kedua suporter. Memang bukan rahasia umum lagi jika fans Persebaya dan fans Arema sudah menjadi musuh bebuyutan.

Pertandingan yang berlangsung pukul 15.30 ini juga diisi dengan penggalangan dana untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Sementara uang yang terkumpul sebanyak Rp 11.872.000.

"Konsepnya kita mereduksi supaya massa bonek tidak ikut nonton di Malang karena resikonya tinggi. Kedua, kita juga ingin mendekatkan diri pada bonek Surabaya," ujar Wakapolrestabes Surabaya AKBP Pratomo Satriawan ditemui usai acara di Mapolrestabes Surabaya Jalan Sikatan, Surabaya, Sabtu (6/10/2018).


Tak hanya itu, Supratomo mengatakan kegiatan ini juga bertujuan untuk menghindari kejadian bentorkan seperti yang menimpa suporter Persija. Untuk itu, jika massa bonek dikumpulkan di satu titik, keamanannya akan lebih terjaga.

Nobar Persebaya vs Arema di Polrestabes Surabaya/Nobar Persebaya vs Arema di Polrestabes Surabaya/ Foto: Hilda Meilisa Rinanda

"Kita menghindari kejadian seperti yang di Bandung. Kita ingin liga ini tetap berjalan terus dan tidak ada korban. So far semakin better untuk suporter Persebaya, semakin hari semakin baik," tambah Supratomo.

Supratomo berharap ke depannya, bonek lebih teratur dan tidak lagi ditemui bentrokan baik sesama atau berbeda suporter. "Mudah-mudahan bonek lebih teratur dan tidak ada kerusuhan," harapnya.

Di kesempatan ini, para bonek juga membawa spanduk putih bertuliskan ucapan terimakasih kepada Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan. Namun dalam acara nonton bareng laga Persebaya versus Arema, Rudi berhalangan hadir karena sedang bertugas ke luar negeri.


Ditemui di lokasi, bonek asal Tambaksari Andhi Dwi mengapresiasi acara yang digelar Polrestabes Surabaya ini. Meski tak sedang ada di tribun, namun suasana dan kekompakan bonek rasanya tak jauh berbeda seperti saat menonton secara langsung.

"Seru banget, karena banyak yang hadir rasanya seperti nonton langsung di tribun," kata Andhi.

Sementara itu, dalam laga ini, Persebaya dihantam satu gol dari Arema FC. Kedudukan pun 1-0 hingga menit akhir.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed