Tanggul Penahan Lumpur Sidoarjo Ambles

Suparno - detikNews
Jumat, 05 Okt 2018 18:01 WIB
Penampakan tanggul lumpur yang mengalami penurunan tanah (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Tanggul penahan lumpur Sidoarjo mengalami penurunan tanah (subsidence) alias ambles sepanjang 100 meter. Tepatnya di tanggul titik 67 di Desa Gempol Sari Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo.

Informasi yang di dapat di lokasi menyebutkan, penurunan tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 13.30 WIB, tanggul penahan lumpur yang mengalami penurunan itu masih dalam proses peninggian.

Dengan kejadian penurunan tanggul penahan lumpur ini sempat membuat warga Desa Gempol Sari Tanggulangin khawatir. Karena air yang berada di pond (kolam) lumpur tersebut kondisinya mendekati bibir tanggul.


Tanggul Penahan Lumpur Lapindo Alami SubsidenFoto: Suparno

"Kami bersama warga desa meminta PPLS u tuk segera memperbaiki tanggul yang amblas ini," kata Saji (61) warga Desa Gempol Sari Tanggulangin Sidoarjo kepada wartawan, Jum'at (5/10/2018).

Saji mengaku kalau tidak segera di perbaiki tanggul penahan lumpur yang amblas sepanjang 100 meter dengan kedalaman sekitar 5 meter, apalagi kondisi pond penuh dengan air ini, akan membahayakan warga yang dekat dengan tanggul.


"Ini sangat berbahaya, tanggul penahan lumpur tiba-tiba ambles, untung kejadiannya siang hari. Kalau malam hari rumah warga yang dekat dengan tanggul akan tergenang air," jelasnya

Dari pantauan detikcom, ada beberapa retakan tanah di sisi selatan. Ada retakan sebanyak 7 retakan dengan lebar sekitar 30 Cm. Sementara itu di tanggul penahanan lumpur sisi utara ada retakan sebanyak 6 retakan dengan lebar sekitar 20 cm. (iwd/iwd)