detikNews
Kamis 04 Oktober 2018, 18:11 WIB

Perusahaan Tambang di Banyuwangi Kirim Tim Kemanusiaan ke Palu

Ardian Fanani - detikNews
Perusahaan Tambang di Banyuwangi Kirim Tim Kemanusiaan ke Palu Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Untuk membantu pencarian korban dan meringankan beban bencana gempa dan tsunami, 8 warga Banyuwangi, berangkat menuju Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. Keberangkatan mereka didasari oleh solidaritas sesama korban tsunami.

Mereka pernah mengalami kejadian tsunami Pancer 24 tahun silam. Pada saat itu, mereka juga menjadi korban bencana alam yang menimpa ratusan jiwa.

Mereka tergabung dengan tim tanggap darurat (Emergency Response Team - ERT) PT Bumi Suksesindo (BSI). Niatan baik itu, sebagai bentuk solidaritas sesama korban bencana.

Mereka yang berangkat antara lain, M. Wahyudi, Supomo, Viky Yulianto, Ormana Adi Candra, Sanko Ludiro, Sutikno, Riyanto dan Sugeng Harianto. Mereka terdiri dari paramedic, ahli relawan bencana dan

"Sesama menjadi korban. Kami terketuk untuk ikut meringankan beban para korban gempa dan tsunami di Palu," ujar Viky Yulianto, salah satu relawan kepada detikcom, Kamis (4/10/2018).

Segala kesiapan untuk kegiatan di Palu dan Donggala, kata Viky, sudah dipersiapkan secara pribadi dan perusahaan. "Kita siap lahir batin membantu. Tidak hanya finansial tapi kita bantu secara fisik dan membantu mengurangi trauma akibat bencana ini," tambahnya.

Sementara itu, Boyke Abidin, Direktur PT Bumi Suksesindo (BSI) mengatakan, tim misi kemanusiaan ini akan bergabung dengan petugas dan relawan di bawah koordinasi ESDM.

Diakuinya, tim ERT yang diberangkatkan berjumlah delapan orang yang sebagian besarnya merupakan warga lokal sekitar perusahaan. Mereka adalah karyawan yang telah mendapatkan pelatihan tanggap darurat secara intensif.

"Selain dari keinginan para relawan ini, perusahaan juga turut serta berkontribusi dalam kegiatan ini. Tim yang diberangkatkan ke Palu adalah karyawan lokal yang telah dilatih kegawatdaruratan," ujarnya kepada detikcom.

"Kita harapkan kedatangan kami bisa meringankan beban para korban bencana gempa dan tsunami," pungkasnya.

Terkait gempa dan tsunami di Sulawesi, Trans Media membuka pintu donasi bagi pembaca yang ingin menyalurkan bantuan bagi saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana ini. Salurkan bantuan Anda melalui rekening DOMPET AMAL TRANS MEDIA:

Bank Mega : 01.074.00.11.111.889
Mega syariah: 10.000.100.100.1004
BNI : 70.123.70.321
BCA: 375.0500.888
Mandiri : 127.0000.2.7777.0
BRI 034 10 100 1617 301




Tonton juga 'Bandara Palu Hari Ini, Warga Tertib Antre Tunggu Pesawat':

[Gambas:Video 20detik]


(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com