Pengungsi Gempa Palu Tiba di Juanda, Gus Ipul: Jatim Siap Tampung

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kamis, 04 Okt 2018 17:53 WIB
Foto: Suparno/File
Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengaku siap menerima dan menampung pengungsi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Jatim siap menerima dan menampung pengungsi dari Palu," ujar Gus Ipul sapaan akrabnya saat ditemui di ruang kerjanya kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan, Surabaya, Kamis (4/10/2018).

Gus Ipul mengatakan kebanyakan pengungsi yang terbang ke Jatim, bertujuan untuk mencari sanak saudaranya. Untuk itu, dirinya telah mengimbau para kepala daerah untuk turut membantu memfasilitasi.

"Kebanyakan mencari keluarganya. Yang mencari keluarganya, dibantu untuk bisa bertemu keluarganya. Ada yang ke Banyuwangi, ada yang beberapa kemarin itu difasilitasi," imbuhnya.

Sementara untuk pengungsi yang masih belum berjumpa dengan keluarganya, Gus Ipul mengatakan pihaknya akan menyiapkan penampungan di beberapa daerah. "Tapi misalnya belum, nanti akan ditampung di daerah mana," kata Gus Ipul.

Jika ada pengungsi yang telah tiba di Jatim dan tidak memiliki fasilitas kendaraan untuk mencapai rumah keluarganya, pihaknya akan mengantar. Dia menegaskan Jatim siap memfasilitasi kebutuhan pengungsi.

"Banyak yang datang menemui keluarganya, kalau misal butuh diantar ya akan diantar. Jatim akan memfasilitasi dan siap membantu," tambah pria yang juga salah satu Ketua PBNU ini.




Tonton juga 'Menhub Pantau Terus Akses Transportasi Udara dan Laut ke Palu':

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)