Pengungsi Palu Gelombang Kedua Kembali Tiba di Juanda

Suparno - detikNews
Kamis, 04 Okt 2018 17:41 WIB
Foto: Suparno
Sidoarjo - 180 Korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah kembali tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo. Kedatangan kali ini adalah rombongan kedua dari Palu yang ikut dalam penerbangan dengan menggunakan pesawat Hercules.

Penerbangan pertama tiba di Bandara Juanda sekitar pukul 06.15 WIB menggunakan Hercules C 130 A1316. Penerbangan yang dipimpin pilot Mayor PNB Dodik ini membawa 164 pengungsi dari Palu dan Donggala.

Sementara penerbangan kedua menggunakan Hercules C 130 A 1337 tiba sekitar pukul 13.00 WIB. Penerbangan yang dipimpin pilot Mayor PNB Ebor itu membawa 180 orang. Total ada 344 orang pengungsi Palu yang tiba hari ini.


"Hari ini ada ratusan pengungsi gempa dan tsunami dari Sulawesi Tengah. Mereka tiba dengan dua penerbangan," kata Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Kav Arief Cahyo Widodo kepada detikcom di Base Ops Lanudal Juanda, Kamis (4/10/2018).

Setelah dilakukan pendataan, lanjut Arief, ratusan korban gempa itu akan diberikan akomodasi ke tempat tujuan masing-masing di Jatim.

"Hampir sebagian mereka tidak membawa bekal apa-apa. Alhamdulillah kami bersama komponen masyarakat membantu memberikan bekal sampai ke tempat tujuan," tambah Arief.


Para korban gempa itu memilih pulang ke kampung halaman lantaran takut terjadi gempa susulan. Seperti yang dikatakan Sunardi (41), salah satu pengungsi asal Grobogan, Jawa Tengah.

"Karena takut ada gempa lagi kami memutuskan untuk pulang kampung bersama keluarga meskipun hanya membawa baju yang melekat di badan," tandasnya.



Tonton juga 'Menhub Pantau Terus Akses Transportasi Udara dan Laut ke Palu':

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)