100 Orang Asal Palu Dibawa Hercules ke Lanud Abdulrachman Saleh

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 02 Okt 2018 19:23 WIB
Foto: Istimewa
Malang - Sekitar 100 orang tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh dari Palu, Sulawesi Tengah. Mereka menumpang pesawat Hercules A-1318 milik Skuadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Para penumpang berasal dari sejumlah daerah di Pulau Jawa.

"Ada sekitar 100 orang tiba dari Palu menumpang pesawat Hercules milik Skuadron 31 Halim," ungkap Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Abdulrachman Saleh Letkol (sus) Giyanto pada detikcom, Selasa (2/10/2018), petang.

Dikatakan Giyanto, pesawat Hercules landing sekitar pukul 16.45 WIB, setelah melakukan penerbangan dari Palu-Makassar dan menuju Lanud Abdulrachman Saleh.


"Dari 100 orang penumpang, dua dalam kondisi sakit. Mereka terbang dari Palu dan ingin kembali ke daerah asal," beber Giyanto dalam sambungan telpon.

Diantara para penumpang, kata Giyanto, ada yang berasal dari Banyuwangi, Jakarta, Surabaya serta daerah lain di Pulau Jawa.

"Mereka kemudian dibawa ke daerah asal atau tempat yang ingin dituju dengan memanfaatkan armada bus milik Lanud Abdulrachman Saleh, yang dalam kondisi sakit diantar ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis," beber Giyanto.


Ini merupakan kali kedua masyarakat sebelumnya tinggal di Kota Palu kembali ke Pulau Jawa menumpang pesawat Hercules ke Lanud Abdulrachman Saleh.

Beberapa waktu lalu, sebanyak 40 penumpang tiba termasuk para atlet paralayang Jawa Timur yang selamat dari bencana gempa dan tsunami.

Pagi tadi, tiga pesawat Hercules milik Lanud Abdulrachman Saleh terbang menuju Palu dengan rute Halim Perdanakusuma, Makassar dan berakhir di Palu. Tiga pesawat membawa belasan personel TNI serta peralatan komunikasi untuk mendukung komunikasi antar satgas di wilayah gempa. (iwd/iwd)