TNI Berangkatkan Tiga Hercules dari Lanud Abdulrachman Saleh ke Palu

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 02 Okt 2018 13:15 WIB
Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh kembali memberangkatkan 3 Hercules untuk mendukung penanganan bencana di Palu, Sulteng. Dengan rute Halim Perdanakusuma-Makassar-Palu. Selain logistik, Hercules mengangkut personel TNI ini membantu tugas penanganan bencana.

"Hari ini tiga pesawat Hercules A-1331, A-1337, A-1303 diberangkatkan ke Palu melalui Halim dan Makassar, keberangkatan untuk mendukung penanganan bencana dan hasil koordinasi dengan satgas di wilayah bencana," kata Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud TNI AU Abdulrachman Saleh Kolonel (penerbang) Reza Sastranegara kepada wartawan usai pemberangkatan, Selasa (2/10/2018).

Dia mengatakan, logistik yang dibawa sesuai dengan kebutuhan yang disampaikan satgas penanganan bencana, baik itu di Makassar maupun Palu. Sementara khusus bantuan sosial akan difokuskan pemberangkatan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"Kita terintergrasi dengan satgas, logistik yang dibawa sesuai dengan kebutuhan. Khusus bantuan sosial diberangkatkan dari Halim. Jadi tidak semua tadi dibawa oleh tiga pesawat Hercules yang berangkat," beber Reza.

Dia menjelaskan, sebanyak 12 personel Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU turut serta dalam pemberangkatan tiga Hercules menuju Palu, pagi tadi. Dua personel Paskhas ditempatkan di masing-masing pesawat dan bertugas mengamankan penerbangan.

"Selain Paskhas juga diberangkatkan 10 personel dari Detasemen Perhubungan Kostrad untuk membantu jaringan komunikasi dari pasukan yang sudah awal diberangkat (Yonkes). Peralatan komunikasi juga membantu jaringan komunikasi antar satgas di lokasi bencana," ungkap Reza.

Peralatan komunikasi, sejumlah bantuan, peralatan medis serta obat-obatan, tambah dia, menjadi item logistik dari keberangkatan tiga Hercules Lanud Abdulrachman Saleh ke Palu hari ini.

"Ada peralatan komunikasi, medis, obat-obatan dan sejumlah barang bantuan, khusus ini tidak banyak. Fokusnya hari ini, hanya kepada peralatan komunikasi," sebut perwira dengan tiga melati di pundaknya ini.

Sejak terjadinya gempa bumi dan tsunami melanda Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, Lanud TNI AU Abdulrachman Saleh mengirimkan dukungan penanganan pasca gempa melalui jalur udara. Puluhan personel dari Batalyon Kesehatan dan perbekalan dari Divisi 2 Kostrad diterbangkan menuju Palu menggunakan pesawat Hercules.

Terkait gempa dan tsunami di Sulawesi ini Trans Media membuka pintu donasi bagi pembaca yang ingin menyalurkan bantuan bagi saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana ini. Salurkan bantuan Anda melalui rekening DOMPET AMAL TRANS MEDIA:

Bank Mega: 01.074.00.11.111.889
Mega Syariah: 10.000.100.100.1004
BNI : 70.123.70.321
BCA : 375.0500.888
Mandiri : 127.0000.2.7777.0
BRI : 034 10 100 1617 301 (fat/fat)