detikNews
Senin 01 Oktober 2018, 16:32 WIB

Gelar Deklarasi Damai Pemilu 2019, Polisi Bakal Tindak Black Campaign

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Gelar Deklarasi Damai Pemilu 2019, Polisi Bakal Tindak Black Campaign Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Polisi menggelar deklarasi damai pemilu 2019. Deklarasi ini dilakukan untuk tetap menciptakan suasana aman, nyaman, dan kondusif di Surabaya saat Pemilu 2019.

Acara yang digelar di Gedung Bharadaksa Polrestabes Surabaya ini diikuti Kapolrestabes Surabaya Kombes Rudi Setiawan, Danrem 084 Bhaskarajaya Kolonel Inf Sudariyanto, Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi, Forpimda Kota Surabaya, dan perwakilan 16 partai politik di Kota Surabaya.

Dalam acara Deklarasi Damai Pemilu 2019 ini, semua yang hadir membacakan ikrar untuk memyepakati penyelenggraan Pemilu 2019 di Kota Surabaya agar berjalan aman, lancar, nyaman, dan kondusif yang mereka tuangkan dalam nota kesepakatan pemilu damai.


Rudi Setiawan menyampaikan pihaknya menginisiasi Deklarasi Damai Pemilu 2019 untuk menjaga susana Kota Surabaya agar berjalan dengan damai dan aman serta kondusif.

"Deklarasi Damai Pemilu 2019 yang diikuti oleh penyelenggara, Forpimda, peserta pemilu semua menyepakati agar pemilu 2019 berjalan dengan aman, nyaman dan kondusif. Semuanya juga menyepakati agar para peserta tetap menjaga persatuan dan kesatuan meski berbeda pilihan," kata Rudi kepada wartawan, Senin (01/10/2018).

Rudi menambahkan pihakya sudah mengantisipasi daerah kerawanan pada penyelenggaran Pemilu 2019 di Kota Surabaya. Pihaknya akan memprioritaskan kerawanan pemilu dengan kampanye hitam.


"Kami sudah melakukan evaluasi pada pemilu kemarin dan pemilu 5 tahun sebelumnya. Kami juga sudah mengantisipasi adanya kampanye-kampanye negatif. Hate speech, berita hoaks ini adalah yang bisa memecah belah pesatuan dan kesatuan. Ini yang akan menjadi prioritas kami ke depan," ungkap Rudi.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi menyambut baik acara Deklarasi Damai Pemilu 2019 yang digelar oleh Polrestabes Surabaya.

"Tadi sudah disepakati oleh semua peserta pemilu 2019. Bahwa semuanya sepakat untuk menciptakan kedamaian dan kenyaman dalam Pemilu 2019 mendatang mulai dari tahapan awal, tahapan kampanye, tahapan pemungutan suara berjalan lancar," kata Nur Syamsi.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed