Hutan di Lereng Argopuro Terbakar, Ini Langkah Perhutani

Chuk S Widarsha - detikNews
Kamis, 27 Sep 2018 14:28 WIB
Foto: Chuk S Widarsha
Bondowoso - Perhutani langsung menurunkan tim untuk memadamkan kebakaran hutan di lereng Pegunungan Argopuro. Ada sekitar 100 orang yang diterjunkan untuk mengatasi kebakaran di wilayah ini.

Ke-100 orang ini berasal dari beberapa unsur di antaranya Polhut, Yon Raider 514, Polsek Curahdami, serta masyarakat sekitar kawasan hutan.

Mereka dibagi menjadi beberapa tim yang diberangkatkan ke lokasi secara bertahap. Masing-masing tim memiliki tugas tersendiri, mulai dari pemadam api, penyekat dan pembuat ilaran, serta beberapa tugas lainnya.

"Titik api yang terbesar memang ada di petak 23. Fokus utamanya ya di titik itu dulu," kata Kepala BKPH Bondowoso, Mohamat Rifai kepada detikcom di lokasi, Kamis (27/9/2018).


Ia menambahkan, selain bertugas memadamkan langsung, tim gabungan itu juga membuat sekat atau ilaran atau galian di sekitar titik api tersebut dibuat galian sehingga api tak bisa menjalar ke lokasi lain.

"Medan lokasinya memang sangat terjal. Tim cukup sulit menuju titiknya," tambahnya.

Sebelum berangkat menuju titik lokasi, masing-masing tim juga diberi pengarahan oleh pihak Perhutani untuk memudahkan koordinasi. Hal ini dilakukan mengingat tim gabungan terdiri atas berbagai unsur yang belum sepenuhnya memahami seluk-beluk hutan.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hutan di lereng Argopura ini melanda kawasan Perhutani di wilayah Pegunungan Argopuro sisi timur. Kobaran api mulai tampak jelas sejak hari Rabu (26/9/2018) sore hingga malam.

Namun semakin malam api terlihat makin membesar dan membara, bahkan belum dapat dipadamkan hingga siang ini. (lll/lll)