DetikNews
Rabu 26 September 2018, 16:53 WIB

Penyebaran Terorisme Rambah Media Digital, Begini Upaya BNPT

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Penyebaran Terorisme Rambah Media Digital, Begini Upaya BNPT Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Penyebaran terorisme kini mulai merambah dunia digital. Masyarakat perlu diberikan edukasi agar tak mudah terprovokasi dengan kelompok-kelompok beraliran radikal.

Kasi Partisipasi Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Letkol Laut Setyo Pranowo mengatakan pihaknya berupaya membentengi masyarakat melalui penanganan secara lunak. Hal ini dilakukan dengan memberi sosialisasi terkait literasi digital.

"Penanganan secara lunak, literasi digital itu salah satu bentuk ikhtiar kita. Tidak lepas kenyataan terorisme di Indonesia belum menunjukkan surut. Mengingat aksi pelaku mengadopsi cara-cara jaringan ISIS. Harus bersama sama disaring (konten negatifnya)," ujar Setyo saat memberikan literasi digital di Surabaya, Rabu (26/9/2018).

Bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Teroris (FKPT) Jatim, Setyo mengaku pendekatan lunak ini merupakan pilihan tepat. Karena, jika masyarakat sudah kompak menjadikan teroris musuh bersama, maka bangsa akan menjadi kuat.

"Pendekatan lunak, pilihan tepat pencegahan terorisme. Bangsa ini kuat saat masyarakat berani dan menjadikan terorisme menjadi musuh bersama," lanjutnya.

Tak hanya itu, pembentengan masyarakat dari penyebaran terorisme ini juga penting. Setyo berharap masyarakat ini bisa menjadi ujung tombak untuk melawan hal ini.

"Teman-teman di sini bisa menjadi ujung tombak minimal bisa melawan itu. Jika ada 10 konten Propaganda, harapan kami teman-teman bisa membuat 20 konten propaganda untuk melawan itu. Kan mereka tidak bisa menutup, tapi minimal disini diajari cara melawannya," harapnya.



Saksikan juga video 'Kejagung dan BNPT Jalin Kerja Sama Berantas Terorisme!':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed