DetikNews
Selasa 25 September 2018, 20:29 WIB

Modal Awal Dana Kampanye 4 Parpol Ini Hanya Rp 100 ribu

Adhar Muttaqin - detikNews
Modal Awal Dana Kampanye 4 Parpol Ini Hanya Rp 100 ribu Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - 15 partai politik (Parpol) di Tulungagung dipastikan telah memberikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Empat parpol di antaranya memiliki saldo awal hanya Rp 100 ribu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung Suprihno mengatakan keempat parpol bermodal awal paling rendah adalah PKS, Partai Nasdem, PSI, dan Partai Garuda. Sedangkan partai politik dengan saldo awal terbanyak adalah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Berkarya.

"Untuk empat parpol itu saldo awal dana kampanyenya Rp 100 ribu, sedangkan untuk PAN menjadi yang tertinggi dengan saldo Rp 85.754.000 dan Partai Berkarya Rp 23.750.000," kata Suprihno, Selasa (25/9/2018).


Dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019 hanya PKPI yang tidak menyerahkan laporan rekening awal dana kampanye, karena tidak memiliki daftar calon anggota legislatif (caleg).

Suprihno menambahkan dengan rekening dana kampanye tersebut diharapkan seluruh sumbangan dana kampanye masing-masing parpol memiliki sumber yang jelas.

"Untuk sumbangan dana kampanye ini sesuai PKPU 24, perseorangan dapat memberikan sumbangan maksimal Rp 2,5 miliar, ini mengalami kenaikan dibanding Pemilu 2014 yang maksimal hanya Rp 1 miliar," imbuhnya.


Sedangkan sumbangan dari perusahaan maksimal Rp 25 miliar atau mengalami kenaikan batas maksimal dibanding Pemilu 2014 yang hanya Rp 7,5 miliar. Selain itu data masing-masing penyumbang juga harus jelas mulai dari nama, alamat hingga NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

"Tahap selanjutnya kami akan mengumumkan LADK ini melalui media massa," jelas Suprihno.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed