DetikNews
Senin 24 September 2018, 21:06 WIB

Mahasiswa Diajak Cangkruan untuk Ciptakan Suasana Sejuk Pacitan

Purwo S - detikNews
Mahasiswa Diajak Cangkruan untuk Ciptakan Suasana Sejuk Pacitan Foto: Purwo S
Pacitan - Polres Pacitan punya cara unik menciptakan suasana kondusif jelang Pemilu 2019. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari sejumlah perguruan tinggi di Kota 1001 Gua diundang hadir di aula Graha Bhayangkara, Jl Ahmad Yani. Obrolan pun berlangsung hangat.

Beragam isu sempat mengemuka. Mulai dari menghangatnya situasi jelang pemilu hingga masukan bagi peningkatan layanan polisi. Tampak jauh dari kesan formal, Kapolres AKBP Setyo Koes Heriyatno banyak menyinggung pentingnya peran mahasiswa menciptakan suasana sejuk.

"Tahun politik berpotensi menyatukan kita tapi bisa juga malah membuat kita saling jauh. Saya berharap jelang pesta demokrasi situasi di daerah kita tetap sejuk. Nah, di sini teman-teman mahasiswa kita harapkan turut berperan aktif menyejukkan suasana," kata kapolres membuka perbincangan, Senin (24/9/2018) malam.

Perwira kelahiran Pati, Jawa Tengah itu pun membeber sejumlah contoh maraknya ujaran kebencian di dunia maya. Tanpa daya tangkal yang baik, fenomena seperti itu rawan memunculkan konflik. Padahal, tandas Setyo, saling hujat bukanlah budaya masyarakat Indonesia.

"Teman-teman pasti memantau bagaimana panasnya situasi di media sosial. Saya kita rekan-rekan semua sebagai kaum cerdik pandai dapat memanfaatkan dunia maya secara bijak. Sehingga akan lebih banyak manfaat daripada mudharat," imbuh Setyo sembari minta mahasiswa memberinya masukan.

Supriyadi, mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdhatul Ulama (STAINUPA) mengaku cukup puas dengan layanan kepolisian. Dia pun menggambarkan peran konkret yang dilakukan bhabinkamtibmas di desa asalnya, Kalikuning, Kecamatan Tulakan.

Di mata mahasiswa semester VIII jurusan Manajemen Pendidikan itu, masyarakat Pacitan selama ini berwatak santun. Kondisi kehidupan pun cukup tenteram dan damai. Namun, tambah dia, suasana sejuk dapat saja dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggungjawab untuk memecah belah masyarakat.

"Jadi meskipun tenang, saya kira kita semua tidak boleh lengah supaya tidak ada pihak-pihak yang memanfaatkannya untuk hal-hal yang merugikan," katanya disambut dukungan kapolres terhadap masukan tersebut.

Pada kesempatan itu, kapolres juga membeberkan progres pembangunan Satpas SIM yang tengah dikerjakan. Nantinya, fasilitas yang terletak di halaman Graha Bhayangkara tersebut akan berfungsi optimal mempercepat pelayanan masyarakat. Yang membanggakan, sistem yang ada dilengkapi fitur canggih yang mampu menghapus percaloan.

"Ini juga merupakan bentuk usaha kami menciptakan layanan terbaik untuk masyarakat Pacitan. Mudah-mudahan segera selesai dan dapat dioperasikan dengan baik," paparnya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed