DetikNews
Sabtu 22 September 2018, 09:40 WIB

Tak Perlu ke Jepang, Menikmati Pohon Sakura Juga Bisa di Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Tak Perlu ke Jepang, Menikmati Pohon Sakura Juga Bisa di Lamongan Pohon sakura yang tumbuh di dekat Waduk Gondang, Lamongan. (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan - Bunga dan pohon sakura sangat identik dengan Negeri Matahari Terbit, Jepang. Namun pohon ini ternyata tidak hanya bisa tumbuh di Jepang, tetapi juga ditemukan di Lamongan.

Deretan pohon sakura ini terletak di pinggir jalan Dusun Kedung Sugo, Desa Deket Agung, Kecamatan Sugio. Karena berada di pinggir jalan maka, siapapun yang lewat di jalan tersebut bisa menikmatinya.

"Saya lupa tahun berapa ditanam, tapi seingat saya sudah ada sejak tahun 1980-an," kata Sumiati, salah satu warga setempat, kepada detikcom, Sabtu (22/9/2018).


Seingat Sumiati, pohon-pohon itu ditanam para pekerja proyek pembangunan Waduk Gondang yang pengerjaannya berlangsung di masa pemerintahan Orde Baru.

"Dulu ada banyak, tapi sudah mati, sekarang tinggal beberapa saja," aku Sumiati.

Tak Perlu ke Jepang, Jalan-jalan Lihat Pohon Sakura Juga Bisa di LamonganSerunya berswafoto di depan pohon sakura yang ada di Lamongan. (Foto: Istimewa)
Saat ini pohon sakura yang tersisa di pinggir jalan Kecamatan Sugio tersisa hanya 7 buah. Rata-rata pohon sakura di tempat ini memiliki tinggi sekitar 8 meter

Untuk perawatannya, Sumiati mengatakan wewenang itu berada di tangan Dinas Pengairan yang juga mengelola Waduk Gondang. Namun perawatannya hanya sebatas menyirami pohon-pohon tersebut pada waktu-waktu tertentu saja, tidak menentu.

Sayangnya, dari tujuh pohon yang tersisa, hanya satu pohon yang masih berbunga tiap memasuki bulan September.

Meski bunganya tak sebanyak di negeri asalnya, namun setidaknya pohon ini dapat mengobati keingintahuan warga tentang ikon Jepang ini.

"Pada musim berbunga seperti sekarang ini, banyak warga yang datang untuk berfoto dengan latar belakang bunga sakura tersebut, terutama anak-anak muda," kata Sumiati.


Mereka memanfaatkan bunga dan pohon sakura ini sebagai latar belakang swafoto. "Anak-anak muda itu suka foto di bawah pohon, biasanya pagi," tambah Sumiati.

Tak hanya itu, keberadaan pohon sakura di Lamongan ini pun sempat menjadi viral di media sosial. Sebab sejumlah pengguna media sosial mengunggah foto penampakan pohon ini atau foto kunjungan mereka saat melihat pohon sakura tersebut lalu membagikannya ke laman media sosialnya.

Penasaran?
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed