DetikNews
Jumat 21 September 2018, 17:13 WIB

Mampir Banyuwangi, Club Harley Davidson Diajak Goyang Dayung

Ardian Fanani - detikNews
Mampir Banyuwangi, Club Harley Davidson Diajak Goyang Dayung Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Suara motor Harley Davidson langsung menggelegar di jalan depan Pendopo Shaba Swagata Blambangan Banyuwangi. Ratusan motor gede (Moge) dari berbagai daerah di Jawa meramaikan lalu lintas di Kabupaten paling ujung Timur Pulau Jawa.

Dari Banyuwangi, mereka bertolak ke Pulau Bali mengikuti Bali Bike Festival ke-4 yang digelar di Pantai Mertasari, Sanur, Bali.

Sebelum berangkat, mereka dijamu sarapan pagi di pendopo. Selanjutnya, mereka berjoget goyang dayung bersama di depan pendopo. Diiringi lagu 'Meraih Bintang' ratusan pengendara moge ini tak canggung bergoyang.

"Sepertinya ini lagu wajibnya. Kita goyang dayung bareng. Pasti ini menjadi kenangan kami di Banyuwangi," ujar Abdul, pengemudi moge asal Jakarta kepada detikcom, Jumat (21/9/2018).

Dari titik start, di depan Pendapa Sabha Swagata Blambangan, mereka bertolak menuju Bali, melalui Pelabuhan ASDP Ketapang.

"Semoga keberangkatan rombongan Harley Davidson ini mampu mendorong promosi pariwisata Banyuwangi," ucap Bupati Anas saat memberangkatkan ratusan moge tersebut menuju Bali, Jumat (21/9/2018).

Para bikers yang tergabung dalam Road Glide Owners Group (RGOG) ini sengaja transit di Banyuwangi melihat keindahan secara langsung. Di antara mereka tampak beberapa pejabat Kepolisian seperti Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Komjen Pol (pur) Nanan Sukarna yang juga mantan Wakapolri, Plt Gubernur Jawa Barat Irjen M. Iriawan dan Karo SDM Polda Metro Jaya yang juga mantan Kapolres Banyuwangi Kombespol Bastoni Purnama.

Dalam kesempatan itu, Nanan Sukarna menyatakan kegiatan itu mendukung program pemerintah, meningkatkan brotherhood dan mempromosikan pariwisata yang ada di Indonesias. kekagumannya pada Banyuwangi. Selama ini dia sudah mendengar keindahan Banyuwangi dan ternyata kabar tersebut memang benar adanya. "Banyuwangi memang top," ungkapnya ditemui sebelum menggeber motornya menuju Bali.

Bupati Anas menjamu pengemudi Harley Davidson/Bupati Anas menjamu pengemudi Harley Davidson/ Foto: Ardian Fanani

Sebelum berangkat, Nanan Sukarna berpesan kepada seluruh peserta untuk tertib saat berada di jalan raya. Jika ada yang ugal-ugalan dirinya tidak akan segan-segan memberikan sanksi. "Jangan menggunakan strobe atau sirine, biar petugas (Kepolisian) saja," tegasnya lagi.

Sementara itu ada yang istimewa dalam ajang moge kali ini. Menerapkan SOP, 'No Strobo & No Sirine', iring-ringan Harley Davidson justru berubah menjadi hiburan menarik bagi masyarakat dan pengguna jalan.

Sedang klub yang turut menggeber diantaranya Road Glide Owner Group (RGOG), Police Owner Group (POG), Harley Davidson Club Banyuwangi (HDCB), Crooters Tulungagung dan ISHD East Java Jember.

"Banyuwangi luar biasa, kita mendukung kemajuan pariwisata Banyuwangi," kata Nanan Sukarna.

Nanan, mengaku senang berkunjung di Banyuwangi. Apalagi start Bali Bike Fest IV 2018 dari Bumi Blambangan ini adalah awal pengukiran sejarah pemecahan rekor dunia berkumpulnya motor Harley Davidson jenis Road Glade.

"Semoga makin membawa nama harum serta kemajuan Banyuwangi juga kehadiran kami di sini," ucapnya.

Demi keamanan jalanya konvoi, Polres Banyuwangi mengerahkan anggota Satlantas dan Sabhara. Penjagaan ketat dilakukan di sepanjang jalan dan saat rombongan masuk kapal.

"Kita perketat keamanan demi kenyamanan bersama," imbuh Kapolres AKBP Donny Adityawarman.



Tonton juga 'Gaya Nasionalis Komunitas Moge yang Cinta Pejuang Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed