DetikNews
Kamis 20 September 2018, 22:05 WIB

35 Taruna Sekolah Penerbang di Banyuwangi Resmi Jadi Pilot

Ardian Fanani - detikNews
35 Taruna Sekolah Penerbang di Banyuwangi Resmi Jadi Pilot Foto: Istimewa
Banyuwangi - Sebanyak 35 taruna Balai Pendidikan dan Pelatihan (BP2) Penerbang Banyuwangi diwisuda menjadi perwira transportasi. Satu dari taruna yang diwisuda adalah warga asli Banyuwangi.

Peter Permana, taruna batch XI ini, tak menyangka diwisuda menjadi pilot. Setelah menempuh waktu belajar selama kurang dari dua tahun, Peter menyelesaikannya dengan baik. Peter di wisuda bersama dengan 34 temannya yang lain, dalam wisuda perwira transportasi di Silang Monas, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

"Sebagai warga asli Banyuwangi saya bangga. Karena saya adalah taruna kedua yang lulus menjadi pilot di sekolah ini," ujarnya saat dihubungi detikcom.


Peter mengaku, tidak sulit menjadi pilot. Selain menjaga stamina, dirinya juga percaya diri bisa meraih cita-cita menjadi seorang pilot. "Tetap semangat bagi generasi muda Banyuwangi. Jangan takut untuk memulai. Selalu kejar cita-cita meski setinggi langit," tambahnya.

Kemenhub menyelenggarakan upacara pelantikan terpadu perwira transportasi. 2.472 perwira transportasi itu berasal dari 17 sekolah dibawah naungan dari Badan Pengembangan SDM Perhubungan pada Kemenhub yang terbagi dari 3 matra, yaitu matra darat, laut dan udara. Mereka dilantik oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.


Sementara itu, Kepala BP2 Penerbang Banyuwangi, Afen Sena mengatakan, keikutsertaan pelantikan perwira transportasi terpadu ini, dalam menyongsong BP2 Penerbang Banyuwangi menjadi Akademi. Sehingga secara level sekolah pilot negeri di Banyuwangi ini menjadi lebih menasional bahkan internasional.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Embry-Riddle Aeronautical University, universitas swasta yang menawarkan program sarjana, sarjana, master, dan PhD dalam bidang seni dan sains, penerbangan, bisnis, teknik, pemrograman komputer, keamanan cyber dan keamanan dan intelijen

"Ini sebagai bentuk kami untuk go global. Kita juga siapkan dengan Embry-Riddle Aeronautical University yang ada di Florida Amerika Serikat. Ini sebagai rintisan awal standardisasi Internasional untuk sekolah pilot di Banyuwangi," pungkas Afen.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed