DetikNews
Kamis 20 September 2018, 19:41 WIB

Seekor Kera Padamkan Listrik di 2 Kecamatan Probolinggo

M Rofiq - detikNews
Seekor Kera Padamkan Listrik di 2 Kecamatan Probolinggo Foto: M Rofiq
Probolinggo - Sebuah Trafo listrik di depan gedung DPRD Kota Probolinggo di Kecamatan Kanigaran, meledak. Usut punya usut, ledakan trafo itu dipicu ulah seekor kera.

Akibatnya listrik di dua kecamatan di Kota Probolinggo, mulai Kecamatan Kanigaran dan Kecamatan Kanigaran padam. Salah satu warga, Ida (45), mendengar bunyi ledakan keras, meski hanya sekali.

Ida melihat kera itu berada di atas trafo. Setelah terdengar ledakan, Ida melihat kera itu tergeletak. Ida tak tahu dari mana kera itu datang.

"Sebelumnya gak pernah lihat kera itu. Keranya gak begitu besar, ukurannya sih kaya balita usia 3 tahun," ungkap Ida kepada detikcom, Kamis (20/9/2018).


Foto: M Rofiq


Arif, salah seorang teknisi PLN wilayah 3 Probolinggo mengatakan meledaknya trafo itu memang gara-gara seekor kera. Kera tersebut dimungkinkan memegang fuse travo hingga lepas.

"Jadi listrik padam ini karena bagian penyulangan di trafo lepas atau terputus. Sepertinya kera itu menyentuh atau memegang fuse trafo itu. Pastinya ini kepegang hingga trafo meledak, dan biasanya yang pegang bisa meninggal atau cacat," Arif

ledakan Trafo, kata Arif, membuat listrik padam sekitar 2 sampai 3 jam sembari menunggu perbaikan. Kera tersebut usai terkena ledakan sempat tak bergerak diatas box Trafo. Namun selang beberapa menit kemudian, kera itu siuman kembali dan langsung melompat ke rumah warga.

Warga yang melihat kera itu sempat berusaha menyelamatkan kera itu, namun si kera tetap berusaha kabur dan menghindar dari sergapan warga.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed