DetikNews
Rabu 19 September 2018, 16:05 WIB

Hore, Jembatan Kartini Akhirnya Dibuka Lagi

Zaenal Effendi - detikNews
Hore, Jembatan Kartini Akhirnya Dibuka Lagi Jembatan Kartini dibuka kembali. (Foto: Zaenal Effendi)
Surabaya - Jembatan Kartini di Kota Surabaya akhirnya dibuka kembali mulai hari ini. Jembatan ini sempat ditutup karena menjalani perbaikan pasca ambles beberapa waktu lalu.

"Setelah disidak dan dipastikan oleh Bu Wali kemarin, hari ini Jembatan Kartini kita buka," kata Kepala Dishub Kota Surabaya Irvan Wahjudrajat kepada detikcom, Rabu (19/9/2018).

Irvan pun memastikan terkait dibukanya kembali Jembatan Kartini, tidak ada perubahan rambu maupun rute di Jalan Kartini.


"Beberapa pengguna jalan sudah mengetahui dan tidak ada perubahan rambu atau rute. Masih tetap seperti dulu," tambahnya.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Erna Purnawati menambahkan, meski Jembatan Kartini telah dibuka, pihaknya tetap menyelesaikan beberapa titik jembatan yang dianggap belum siap.

"Ada beberapa yang belum selesai seperti pemasangan keramik pedestrian serta pengecatan pagar jembatan yang tetap kami kerjakan meski sudah dibuka," kata Erna secara terpisah.

Erna mengatakan, Jembatan Kartini saat ini mampu menahan beban hingga 40 ton. "Untuk kekuatan jembatan menahan beban hingga 40 ton," pungkas Erna.


Sebelumnya, Jembatan Kartini ditutup sejak bulan Maret 2018 lalu akibat ambles sekitar 10 cm. Diduga kala itu bantalan yang ada di bawah jembatan mengalami retak. Polisi dan Dishub sepakat menutup jembatan sepanjang 10 meter dan selebar 8 meter itu selama perbaikan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Pemkot Surabaya juga mengungkapkan amblesnya Jembatan Kartini saat itu terjadi bukan karena tergerus air, melainkan faktor usia. Seperti diketahui jembatan itu telah berdiri sejak tahun 1970-an.



Tonton juga 'Jembatan Holtekamp, Ikon Baru Kota Jayapura':

[Gambas:Video 20detik]


(ze/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed