Jangan Takut, Lapor Saja Bila Jadi Korban Penipuan Rekrutmen Polri

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 19 Sep 2018 15:19 WIB
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera (Foto: Rois Jajeli)
Surabaya - Polisi meminta masyarakat yang pernah menjadi korban penipuan penerimaan rekrutmen polisi agar segera melapor. Tak perlu takut melapor meski tertipu oleh calo yang seorang polisi.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menegaskan pihaknya akan memproses semua laporan, baik yang menyangkut eksternal maupun internal polisi.


"Laporkan kepada kami bila ada siapa saja baik eksternal maupun internal kepolisian jika ada yang melakukan hal seperti itu," imbaunya saat dihubungi detikcom di Surabaya, Rabu (19/9/2018).

Tak hanya itu, Barung menambahkan jika ada oknum yang menawari masyarakat untuk bisa masuk ke Polri dengan membayar sejumlah uang, dia menegaskan itu penipuan. Lantaran penerimaan polisi sekarang dijamin lebih transparan dan akuntabel.


Barung mencontohkan, setiap tahapan penerimaannya akan langsung diumumkan di lokasi, di waktu yang sama. Dari hal ini, Barung mengatakan tak ada celah bagi para oknum.

"Menjadi anggota polisi itu sekarang transparan dan akuntabel, setiap tahapan dalam seleksi masuk bintara maupun perwira itu langsung diumumkan," paparnya.




Tonton juga 'Antisipasi Penipuan, Kominfo Syaratkan Ini':

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)