detikNews
Selasa 18 September 2018, 18:22 WIB

Coblosan Ulang di Sampang Digelar 27 Oktober, Ini Persiapannya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Coblosan Ulang di Sampang Digelar 27 Oktober, Ini Persiapannya Foto: Istimewa
Sampang - Coblosan Ulang Pilkada Sampang rencananya akan digelar 27 Oktober 2018. Bagaimana proses dan persiapannya?

Komisioner KPU Sampang Miftakhul Rozaq mengatakan hari ini pihaknya telah melantik 558 Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Rozaq menambahkan pihaknya juga telah menyampaikan bimbingan teknis hingga tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang berkaitan dengan proses validasi DPT.

"Sekarang tahapan yang sudah ditetapkan oleh KPU, hari ini tahapan penyelenggara pemilu di tingkat desa ada sejumlah 558 yang sudah kita lantik PPS. Sekaligus kami sudah menyampaikan beberapa bimbingan teknis, beberapa tupoksi yang memang berkaitan secara langsung khususnya tentang proses validasi atau perbaikan DPT yang kita rencanakan," papar Rozaq saat dihubungi detikcom di Surabaya, Selasa (18/9/2018).

Ditanya berapa jumlah TPS yang akan disiapkan nanti, Rozaq mengaku tak berbeda dengan pemilu lalu.

"Jumlah TPS-nya sama sejumlah 1.450 TTS tidak ada perbedaan," katanya.

558 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik/558 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik/ Foto: Istimewa


Sementara untuk proses validasi DPT, jelas dia, pihaknya akan melakukan sinkronisasi antara DP4 dan DPT. Sementara untuk data yang tidak sinkron, Rozaq mengatakan akan dilakukan validasi ulang.

"Proses validasi DPT ini kan kita melakukan mekanismenya, pertama melakukan sinkronisasi-sinkronisasi antara DP4 dengan DPT Pilkada kemarin, mana yang sinkron dan mana yang tidak sinkron," ungkapnya.

"Yang tidak sinkron ini kemudian perlu kita validasi ulang dan tentu saja nanti adanya temuan akan kita dokumentasikan itu instrumen atau mekanisme yang sudah kita sepakati untuk kemudian dijadikan daftar terhadap proses penetapan DPT," imbuh Rozaq.

Tak hanya itu, menurut Rozaq, sejauh ini prosesnya sudah cukup matang. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan sinkronisasi.

Dia menjelaskan untuk tahapannya akan disampaikan pihak terkait 20 September. Selanjutnya, 21 September hingga 4 Oktober, akan ada proses validasi.

"Kita juga masih mengadakan sinkronisasi terlebih dahulu dan tahapannya mulai tanggal 20 ini melakukan penyampaian, mulai tanggal 21 sampai 4 Oktober itu nanti proses validasi," lanjutnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed