DetikNews
Kamis 13 September 2018, 13:38 WIB

Kinerjanya Nomor Satu, Pakdhe Karwo Apresiasi Tim Saber Pungli Polda Jatim

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kinerjanya Nomor Satu, Pakdhe Karwo Apresiasi Tim Saber Pungli Polda Jatim Pakdhe Karwo bersama Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Rendahnya kasus pungli di Jatim diapresiasi oleh Gubernur Soekarwo. Tim Saber Pungli Polda Jatim pun dianggap berjasa di balik kemajuan ini.

Pakdhe Karwo, sapaan akrabnya, mengatakan dalam waktu dekat, tim Saber Pungli Polda Jatim akan menerima penghargaan dari sebuah majalah nasional atas kinerjanya dalam memberikan pelayanan publik.

Pakdhe mengaku bangga karena dalam penghargaan tersebut Jatim menempati urutan pertama dalam hal pemberantasan pungli.


"Progress-nya Saber Pungli ini sudah bagus makanya besok tanggal 14 itu Tempo (memberi penghargaan, red) terkait melakukan fungsi pelayanan publik di Jawa Timur itu sampai di saber pungli itu nomor satu," ujar Pakdhe Karwo ditemui usai membuka Rakor Saber Pungli di Hotel Wyndham Surabaya, Kamis (13/9/2018).

Namun atas penghargaan yang diterima nanti, Pakdhe Karwo meminta agar tim saber pungli tidak mudah puas. Akan lebih baik jika kinerja tim saber pungli bisa diperluas lagi.

"Tapi ini sifatnya saya hanya mengusulkan, terserah-terserah beliau nanti di hari depan, saber pungli ini bisa diperluas. Saber pungli itu tugasnya jangan sampai (ada pihak yang meminta, red) pungli dari masyarakat yang mengakibatkan masyarakat menjadi korban," paparnya.


Pakdhe Karwo pun menjelaskan perbedaan antara pungli dengan kasus korupsi berjamaah anggota DPRD Kota Malang yang dianggap sama-sama merugikan masyarakat. Ini karena masalah korupsi terkait dengan integritas dalam hati masing-masing individu.

"Yang menjadi permasalahan tadi adalah di Malang itu, penyuapan, permasalahannya integritas tidak terkait dengan sistem, tapi hatinya dia tidak kuat untuk bertahan kepada itu," tegasnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed