DetikNews
Rabu 12 September 2018, 22:13 WIB

Ma'ruf Amin Klaim Didukung Para Kiai di Jatim

Enggran Eko Budianto - detikNews
Maruf Amin Klaim Didukung Para Kiai di Jatim Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Bakal calon wakil presiden 2019 KH Ma'ruf Amin optimis bakal mendapat dukungan dari NU struktural dan kultural di Jatim. Oleh sebab itu, Rais Aam PBNU ini banyak berkunjung ke pesantren di Jatim.

Itu dikatakan Ma'ruf Amin usai menemui pengasuh pondok pesantren (PP) Amanatul Ummah KH Asep Syaifuddin Chalim. Ma'ruf juga sempat memberi tausiyah ke ribuan santri di masjid pondok yang terletak di Desa Kembangbelor, Pacet, Mojokerto ini.

"Insyaallah mudah-mudahan kalau kalangan NU baik NU struktural, maupun NU kultural, mudah-mudahan mereka mendukung saya," kata Ma'ruf Amin kepada wartawan, Rabu (12/9/2018).

Suami Wury Estu Handayani ini menuturkan, dukungan dari NU kultural di Jatim dibuktikan dengan dukungan dari Kiai Asep. Dia menyebut pengasuh PP Amanatul Ummah itu merupakan pemimpin kelompok NU kultural di Jatim.


"Pemimpinnya di sini Kiai Asep. Ini saya sebut saja NU kultural itu ada di tangan Kiai Asep bersama teman-temannya," ungkapnya.

Mantan Ketua MUI ini mengklaim telah banyak mendapatkan dukungan dari para kiai di Jatim. Oleh sebab itu dia tak bisa menyebutkan nama-nama kiai yang mendukungnya di Pilpres 2019 nanti.

"Jadi, saya nyebutkan satu-satu susah, banyak," terangnya.


Kendati begitu, Ma'ruf bakal melanjutkan safari ke pesantren lainnya di Jatim untuk meminta dukungan di Pilpres 2019.

"Ya silaturahim terus, pamitan terus. Kan saya orang pondok, orang pesantren," tandasnya.

Di PP Amanatul Ummah, Ma'ruf Amin sempat menggelar pertemuan tertutup dengan Kiai Asep dan Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa. Pertemuan di kediaman Kiai Asep itu berlangsung sekitar 1 jam.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed