DetikNews
Rabu 12 September 2018, 21:59 WIB

Kunjungi PP Amanatul Ummah, Ma'ruf Amin: Saya Mohon Dukungan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kunjungi PP Amanatul Ummah, Maruf Amin: Saya Mohon Dukungan Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Bakal calon wakil presiden KH Ma'ruf Amin terang-terangan menyatakan kunjungannya ke PP Amanatul Ummah, Mojokerto untuk meminta dukungan terkait pencalonannya di Pilpres 2019. Ma'ruf Amin menyebut pengasuh PP Amanatul Ummah KH Asep Syaifuddin Chalim merupakan sahabatnya.

Ma'ruf Amin yang datang bersama istrinya Wury Estu Handayani, sempat menggelar pertemuan tertutup dengan Kiai Asep dan Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa sejak pukul 17.28 WIB. Pertemuan ini digelar di kediaman Kiai Asep, Desa Kembangbelor, Pacet, Mojokerto.

Sekitar pukul 18.30 WIB, pertemuan ini berakhir. Kiai Asep, Ma'ruf Amin, Wury dan Khofifah menuju ke masjid PP Amanatul Ummah untuk memberikan tausiyah ke ribuan santri.

"Kiai Asep dan para kiai itu kan sahabat saya dan kelompok saya. Karena itu saya datang ke sini untuk mohon doa, mohon restu, mohon dukungannya supaya saya bisa memperoleh dukungan yang besar dalam rangka Pilpres yang akan datang," kata Ma'ruf Amin kepada wartawan usai memberi tausiyah ke para santri, Rabu (12/9/2018) malam.


Permohonan dukungan dari Ma'ruf Amin untuk maju di Pilpres 2019 disambut baik Kiai Asep. Pengasuh PP Amanatul Ummah ini menyebut ada beberapa faktor yang mendorong dirinya mendukung Rais Aam PBNU tersebut.

"Beliau wali santri, masih famili saya. Saya ini orang mengatakan keturunan Sunan Gunung Jati. Sunan Gunung Jati ayahnya Sultan Hasanudin, beliau (Ma'ruf Amin) keturunan Sultan Hasanudin. Alhamdulillah bertemu di sini," ujarnya.

Tak sekadar pernyataan dukungan, lanjut Kiai Asep, dirinya juga menyiapkan strategi untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Jatim. Menurut dia, dukungan ke Ma'ruf Amin tak hanya datang dari NU struktural, tapi juga NU kultural.


"Saya harus membuat bahwa Kiai Ma'ruf Amin tak hanya didukung NU struktural, tapi kami yang simbolnya adalah Bu Nyai Mahfudhoh (PP Tambakberas, Jombang), Ibu Khofifah, saya dan lain-lain, kami akan mendukung. Sehingga hari ini Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin juga didukung NU struktural," terangnya.

Ke depan, tambah Kiai Asep, pihaknya akan mengajak warga Nahdliyin untuk memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Kami akan melakukan upaya untuk merangkul dan mengajak masyarakat yang notabene mereka NU kultural untuk bersama mendukung beliau," tandasnya.

Kunjungan ke PP Amanatul Ummah ini dilakukan Ma'ruf Amin setelah Jokowi berkunjung ke PP ini pada Kamis (6/9) lalu.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed