DetikNews
Rabu 12 September 2018, 09:41 WIB

Harga Bahan Baku Impor Naik, Industri Logam Pasuruan Kurangi Produksi

Muhajir Arifin - detikNews
Harga Bahan Baku Impor Naik, Industri Logam Pasuruan Kurangi Produksi Pengusaha industri logam kurangi produksi/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Industri logam di Pasuruan merupakan salah satu sektor real yang terdampak penguatan mata uang dolar AS. Harga bahan baku pun naik sehingga produksi menurun.

Para pelaku industri logam pun memilih mengurangi kapasitas produksi untuk menekan kerugian. Bahkan sejumlah pengusaha tak melayani permintaan baru dan berkonsentrasi mengerjakan pesanan yang sudah ada.

"Bahan baku utama kita impor, semuanya naik. Kuningan dan aluminium, naik sekitar Rp 4.000 setiap kg. (Sejak beberapa hari terakhir), kondisi rupiah memang menguat. Tapi harga bahan baku masih belum turun," kata Santoso, salah seorang pengusaha logam di Pangggungrejo Kota Pasuruan, Selasa (11/9/2018).

Untuk mengantisipasi agar tidak merugi dalam menjalankan usahanya, Santoso terpaksa menurunkan kapasitas produksinya.

"Untuk sementara tidak melayani pemesanan baru. Saat ini kami hanya melayani pemenuhan pesanan yang sudah beberapa minggu lalu," imbuh Santoso.

Sementara pengurangan produksi otomatis berdampak pada para karyawan. Santoso terpaksa meniadakan lembur dan memperkerjakan karyawan bergiliran.

"Kerjanya dibuat giliran, agar usaha tetap berjalan dan beroperasi, serta pekerja juga tetap mendapat penghasilan," terangnya.

Achmad Nuchan, Ketua Forum Pengusaha Industri Logam Kota Pasuruan, menegaskan kenaikan dolar AS berpengaruh pada pengusaha logam. "Memang berpengaruh pada industri logam Pasuruan," terangnya.

Santoso dan para pengusaha logam berharap kondisi tersebut cepat membaik. "Semoga harga bahan baku menurun dan stabil," harapnya.

Kota Pasuruan memiliki kurang lebih 500 UKM logam yang berada di sekitar kawasan pelabuhan Kota Pasuruan di Kecamatan Panggungrejo dan Gadingrejo.

Usaha logam ini memproduksi berbagai kebutuhan. Di antaranya asesoris dan spare part motor, peralatan mesin pabrik, spare part alat perkebunan hingga berbagai engsel untuk mebeler dan kebutuhan rumah tangga.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed