detikNews
Minggu 09 September 2018, 12:31 WIB

Tuntaskan 37 Ribu Buta Aksara, Pemkab Pasuruan Dapat Penghargaan Ini

Muhajir Arifin - detikNews
Tuntaskan 37 Ribu Buta Aksara, Pemkab Pasuruan Dapat Penghargaan Ini Foto: Istimewa
Pasuruan - Pemkab Pasuruan menerima Anugerah Aksara Utama. Penghargaan paling tinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini diberikan kepada daerah yang berhasil mengurangi buta aksara.

Anugerah Aksara Utama diberikan kepada daerah yang sebelumnya sudah berhasil meraih Anugerah Aksara Pertama kemudian Anugerah Aksara Madya.

"Penghargaan ini yang tertinggi di bidang pemberantasan buta aksara," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan Iswahyudi kepada detikcom, Minggu (9/9/2018).

Iswahyudi mewakili Bupati Pasuruan menerima penghargaan dari Mendikbud Muhadjir Effendy di Deli Serdang, Sumatera Utara disaksikan pegiat literasi seluruh Indonesia, Sabtu (8/9).

Menurutnya penghargaan tersebut diterima karena kerja keras dan konsistensi Pemkab Pasuruan dalam penuntasan buta aksara. Tercatat sejak 2013 sebanyak 37 ribu orang berhasil dibebaskan dari buta aksara.

"Penuntasam buta aksara di Kabupaten Pasuruan dilakukan secara masif sejak 2013. Kami sampaikan terima kasih atas dukungan pak bupati dan semua stake holder serta para pegiat sehingga buta aksara berhasil kami tuntaskan," terangnya.

Berbagai program dijalankan dalam pengentasan buta aksara di Kabupaten Pasuruan. Salah satu yang paling efektif yakni Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

"Program ini melibatkan seluruh elemen masyarakat seperti ormas kepemudaan, Fatayat, Muslimat dan para pegiat," tandas Iswahyudi.

Selain penghargaan tertinggi bidang pengentasan buta aksara, dua penghargaan diraih Pemkab Pasuruan.

Seorang guru TK di Kecamatan Lekok, Ummi Kalsum, juga menerima Anugerah Pegiat Aksara. Penghargaan juga diraih toko adat Tengger, Edi Prayitno, sebagai Tokoh Adat Pendukung Pendidikan Keaksaraan pada Komunitas Adat.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com