detikNews
Jumat 07 September 2018, 09:09 WIB

8 Bulan, 51 Kebakaran Terjadi di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
8 Bulan, 51 Kebakaran Terjadi di Pasuruan Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Sebanyak 51 kasus kebakaran terjadi di Kabupaten Pasuruan selama bulan Januari hingga awal September 2018. Kejadian ini kebanyakan terjadi di perusahaan.

"Sejak Januari hingga awal September ini kami sudah tangani sebanyak 51 kasus kebakaran. Relatif tinggi, karena sepanjang pada 2017 ada 65 Kebakaran," kata Kepala UPT PMK Kabupaten Pasuruan, Ruspandi kepada detikcom, Jumat (7/9/2018).

Dari jumlah tersebut, kebakaran di perusahaan dan atau home industry mendominasi, yaitu sebanyak 20 kejadian. Menurut Rustandi, kebakaran di perusahaan ataupun di home industry sebagian besar terjadi akibat kerusakan mesin dan korsleting listrik.


"Kebakaran lahan menempati peringkat dua sebanyak 19 kejadian. Kemudian kebakaran di pemukiman sebanyak 11 kasus. Sekali terjadi kebakaran fasilitas umum," terangnya.

Lokasi sebaran kebakaran sebagian besar terjadi di wilayah barat. Di antaranya wilayah Kecamatan Gempol, Beji, Bangil dan Kecamatan Rembang. "Selain di Kabupaten Pasuruan kami juga membantu tangani di luar daerah," imbuhnya.


Pihaknya berharap warga dan pihak perusahaan meningkatkan kewaspadaan terkait kerawanan terjadinya kebakaran. "Terutama saat puncak kemarau kali ini," ungkapnya.

Ruspandi menambahkan, saat puncak kemarau, selain pemukiman, kebakaran juga rawan terjadi di lahan hutan.



Saksikan juga video 'Pascaledakan Bom Pasuruan, Polri Jamin Indonesia Kondusif':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed